Kamis, 20 Juli 2017

My Journey: Melatih Kemandirian Anak #8

Game level 2: Tantangan 10 hari melatih kemandirian 

Memasuki minggu ke-2 tantangan melatih kemandirian. Kali ini saya akan lebih fokus pada skill seputar kegiatan makan, yang meliputi:

Membantu membuat makanan (melibatkan mereka di kegiatan memotong, mengaduk, topping).
Cuci tangan sebelum makan.
Menyiapkan alat makan sendiri.
Membaca doa sebelum makan.
Makan sendiri.
Membaca doa setelah makan.
Merapikan alat makan (letakkan di tempat cuci piring).
Membereskan tempat makan.

Seperti kegiatan yang lalu, saya memulainya dengan memberikan prolog tentang skill yang akan mereka latih mulai hari ini.

Hari ini diawali dengan Barra yang menyiapkan camilan paginya sendiri, yaitu roti tawar dengan selai stroberi (sayang tak terdokumentasikan), secara mandiri Barra telah mampu berkegiatan membersihkan tangan sebelum makan, mempersiapkan peralatan dan mengoles roti sendiri, setelah menghabiskan snacknya ia meletakkan wadahnya di tempat cuci piring. 

Sementara kegiatan sarapan dan makan siang, anak-anak minta dibantu karena bundanya memasak sop ceker 😅, salah satu favorit namun paling enggan mereka lakukan sendiri mungkin karena sensasi lengket yang mereka rasakan usai makan.

Sore ini kaka makan sendiri, awalnya minta disuapi namun saya tolak. Saya beralasan sedang batuk, khawatir ia akan tertular jika saya menyuapinya. Akhirnya kaka makan sendiri (walau sedikit terpaksa😁). Mencuci tangan hingga menyiapkan alat makan sendiri, saya membantu mengambilkan nasi dan lauk setelah mengkonfirmasi jumlah padanya. Selesai makan, kaka merapikan dan mencuci tangan sendiri, tugas saya sebatas mengingatkannya untuk membaca doa dan menjumput sedikit makanannya yang tercecer.

Konsistensi saya melatih anak makan sendiri memang agak sulit dilakukan, ketika mereka minta disuap ya jika memungkinkan akan saya lakukan, dan biasanya itu dipengaruhi jenis makanan yang tengah mereka makan. Saya berpikiran sesekali minta suap tak apalah, sekadar menunjukkan karena saya menyayangi mereka toh sebenarnya mereka dapat melakukannya sendiri.

#Level2
#Day 8
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar