Rabu, 12 Juli 2017

My Journey: Melatih Kemandirian Anak #0

Game level 2: Tantangan 10 hari melatih kemandirian (h-1)

Tantangan kali ini adalah melatih kemandirian anak. Sebelum masuk ke tantangan, tahapan yang harus dilakukan adalah membuat list kemandirian apa saja yang ingin dilatihkan pada anak-anak.

Setelah berselancar sejenak tuk mencari inspirasi , berikut skill yang saya coba jabarkan berdasarkan kegiatan harian anak-anak.

Tidur:
Gosok gigi sebelum tidur
Doa sebelum dan setelah bangun tidur
Merapikan tempat tidur sebelum dan setelah digunakan

Makan
Membantu membuat sarapan
Cuci tangan sebelum makan
Menyiapkan alat makan sendiri
Makan sendiri
Merapikan alat makan (letakkan di tempat cuci piring)

Mandi
Menyiapkan pakaian ganti
Meletakkan baju kotor di tempatnya
Mandi sendiri
Memakai pakaian sendiri

Main didalam rumah
Membereskan mainan setelah bermain
Membuang sampah ke tempatnya

Main diluar rumah
Memakai alas kaki
Mengembalikan mainan ke tempatnya

Sekolah
Membantu menyiapkan bekal
Memasukkan bekal ke dalam tas
Memakai seragam sendiri
Memakai sepatu sendiri
Meletakkan seragam dan sepatu yang telah dipakai ke tempatnya

Sholat
Sholat ketika mendengar adzan
Merapikan alat sholat setelah digunakan

Konsistensi, inilah yang saya tuju, karena sebenarnya saya tak melatih dari nol, beberapa skill telah dapat mereka lakukan namun belum secara konsisten.
Jadi ini adalah saat yang tepat untuk saya menjalankan peran saya: melatih kemandirian anak, melatih konsistensi diri, menjadi contoh sekaligus pengawas harian anak-anak.

#Level2
#Day#0
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar