Minggu, 16 Juli 2017

My Journey: Melatih Kemandirian Anak #4

Game level 2: Tantangan 10 hari melatih kemandirian 

Diusia kaka yang ke-6 ini, ada satu kebiasaan buruk yang masih sulit di stop. Ngompol. Ya, sesekali kaka masih suka ngompol. Meski sudah buang air kecil sebelum tidur, kadang ia masih mengompol. Jika diperhatikan, biasanya ini terjadi bila saat siang kaka bermain cukup heboh.

Saat iseng bertanya, ternyata hal serupa pernah dialami oleh suami saat kecil dulu. Baiklah, karena masih belum bertemu solusi kasus ngompol ini, artinya memang ini saatnya kaka benar-benar belajar mengganti sprei sendiri. Kebetulan kali ini kaka ngompol lagi, jadi mari kita belajar memasang sprei. 

Saat itu yang terbayang adalah sifat kaka yang kurang sabar akan muncul, karena merasa kesulitan ketika mengganti sprei ini, satu ujung berhasil, ujung lainnya lepas, hihihi. 

Benar seperti dugaan saya, awalnya kaka sudah merasa 'aku engga bisa' 'susah', membuat bundanya harus mengeluarkan jurus 'curhat' (untung sedang sadar untuk tidak ngomel). Setiap kali cerita, anak-anak selalu tergerak bila saya berkata 'bunda khawatir, kalau sudah tidak ada kalian bisa engga ya melakukan bla..bla..bla..'. 

Akhirnya setelah sempat mogok, ngambek, nangis 😁, dan dengar 'curhatan' emaknya, kaka mulai bergerak perlahan, dorong kasur, pasang ujung sprei (sambil terus disemangati tentunya) dan 20 menit kemudian, alhamdulillah.. berhasil juga memasang spreinya. Semangat kaka, kamu bisaa😘.

#Level2
#Day4
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar