Senin, 24 Juli 2017

My Journey: Melatih Kemandirian Anak #11, #12, #13, #14

Game level 2: Tantangan 10 hari melatih kemandirian 

Menjalani aktivitas hari ini, membuat saya sadar, saya sangat longgar di akhir pekan khususnya dengan kegiatan makan.
Saya membuatkan anak-anak makanan jika mereka meminta. Akhirnya kaka hanya makan jelang siang dan sore hari.

Sementara dede tak berhasil mengabiskan sarapannya, karena beberapa saat sebelumnya sudah meminta setangkup roti isi stroberi. Makan sorenya pun baru habis setelah hampir dua jam, karena beberapa saat sebelumnya dede baru saja menghabiskan. setengah porsi mie, namun saat melihat kaka makan sore dede ikut memintanya dan menghabiskannya dengan sangat lama.

Pembelajaran tentang makan yang saya ambil hari ini, semestinya bukan sekadar melatih skill namun juga kedisiplinan waktu di akhir pekan.

#Level2
#Day 11
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
🌷🌷🌷

Memasuki hari-hari sekolah, yang terasa adalah semakin sulit untuk pembiasaan kemandirian makan anak-anak. Waktu yang sempit menjelang sekolah, justru membuat saya melakukan kebiasaan lama, yaitu 'menyuapi anak-anak'. Saya membiarkan ego 'demi efektivitas waktu' mengalahkan 'demi kemandirian saat makan', khususnya saat sarapan.
Sepertinya saya harus kembali lagi belajar memenej waktu😥.

#Level2
#Day 12
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
🌷🌷🌷

Saya masih belum menemukan irama yang tepat untuk melepas mereka kembali melatih kemandirian saat makan.

#Level2
#Day 13
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
🌷🌷🌷

Tampaknya konsistensi saya melatih kemandirian makan anak-anak belum tercapai. Faktornya penghambatnya mungkin lebih pada ketakutan saya dengan kecepatan makan anak-anak yang cenderung lambat, mereka bisa mandiri namun seringkali kegiatan makan dilakukan sembari bermain maupun mengobrol, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.
Lagi-lagi sepertinya saya harus memberbaiki jadwal rutinitas kami.

#Level2
#Day 14
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar