Sabtu, 15 Juli 2017

My Journey: Melatih Kemandirian Anak #3

Game level 2: Tantangan 10 hari melatih kemandirian 

Sedikit cerita tentang bagaimana anak-anak saya belajar doa sehari-hari. Saat mereka belum dapat berbicara dengan fasih, saya melafalkan doa sebelum tidur untuk mereka, juga beberapa surat dari juz amma. Seiring bertambah usia, kaka mulai belajar ikut melafalkan meskipun masih salah-salah kata, hingga akhirnya dia dapat melafalkan dengan benar dan itu sangat membantu dede untuk belajar. Begitu pula dengan doa sebelum dan sesudah makan, dan masuk serta keluar kamar mandi. 

Dulu saya bercita-cita memasukkan anak-anak ke sekolah islam, dan pembiasaan doa sehari-hari ibarat mencicil hafalan yang akan mereka pelajari nanti. Namun seiring waktu, ini bukan lagi menjadi target untuk memudahkan mereka saat belajar di Sekolah Dasar (SD) nanti. Doa, menjadi bagian dimana saya bisa masuk dan mulai mengenalkan mereka pada pemiliknya. Dimanapun kelak mereka menuntut ilmu, semoga ini dapat menjadi bekal yang baik untuk mereka.

Sama hal nya dengan berdoa, aktifitas menggosok gigi menjadi salah satu hal yang saya perhatikan sejak gigi-gigi mungil mulai muncul di gusi mereka. Mengajak menggosok gigi, mulai dari menolak, menelan air untuk kumur, menggigiti sikat gigi, hingga akhirnya dapat menggosok gigi sendiri, meski hingga kini sesekali saya tetap membantu menyikat gigi mereka agar benar-benar bersih.

Cara yang paling efektif untuk mengajari anak menggosok gigi yang saya alami adalah dengan membersamai mereka saat menggosok gigi. Bagi mereka terasa seperti aktivitas bermain, bagi saya adalah kesempatan untuk membuat mereka menggosok gigi dengan lebih baik.

Ketika saya mengingatkan mereka untuk menggosok gigi sebelum tidur, biasanya mereka berbalik bertanya pada saya 'Bunda udah gosok gigi?', dan malu rasanya jika ternyata saya sendiri belum menggosok gigi sebelum. Jadi ini memang bukan sekadar membangun skill dan kebiasaan baik sebelum tidur pada anak-anak, tapi juga diri saya sendiri.


#Level2
#Day3
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian 
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar