Kamis, 30 November 2017

My Journey: Math Around Us day8

Bermain Geometri 

Kali ini saya mengajak anak-anak berkreasi dengan bentuk-bentuk geometri segi tiga, persegi, persegi panjang dan lingkaran.

Untuk kegiatan hari ini, persiapan yang saya lakukan adalah dengan membuat terlebih dahulu pola empat bentuk geometri dengan beberapa ukuran diatas kertas berwarna. Lalu saya meminta bantuan anak-anak mengelompokkan pola yang tersedia menjadi empat kelompok besar. Selanjutnya adalah berkreasi membuat kolase dengan menempelkan pola-pola tadi menjadi bentuk yang baru.

Bentuk apa yang akan dibuat kaka dan dede yaa?
.....

Pulang sekolah kami disambut hembusan angin yang dingiiin, jadi kaka dan dede ngga boleh main diluar walaupun sudah dijemput teman mainnya (ya atuh, istirahat dulu harusnya).

Jadilah kami memainkan potongan gambar geometri. Dede membantu saya mengelompokkan gambar berdasarkan bentuk, awalnya ia mau mengelompokkan berdasarkan bentuk dan warna, tapi supaya mudah jadi empat kelompok saja.

Sesekali saya menanyakan nama bentuk geometri yang dapat dijawab dengan baik oleh kaka. Sementara dede sempat menjawab bulat untuk lingkaran, dan kotak untuk persegi, jadi disini jadi ajang pengenalan lagi untuk dede.

Selanjutnya waktunya berkarya, yang disambut dengan bersemangat oleh keduanya. Kaka bergegas mengambil kertas reuse dan mulai beraksi.

Saya sesekali ikut membuat bentuk-bentuk untuk menginspirasi.


Dan dari sekian contoh yang saya coba tunjukkan, kaka dan dede sepakat untuk mengambil tema tikus dalam karyanya: gerbong kereta tikus dan rumah tikus, hehehe.



Keduanya mempergunakan semua bentuk geometri. Dede terlihat membuat persedi dengan menggabungkan dua buah persegi panjang. Kaka pun terlihat menggabungkan dua buah persegi panjang, untuk membentuk persegi panjang yang lebih besar. Dan sepertinya ini menginspirasi saya untuk mengenalkan tangram pada merekašŸ˜‰.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar