Jumat, 24 November 2017

My Journey: Math Around Us day2

Bismillah,

Tentang Waktu

Belakangan anak-anak mulai membangun kebiasaan mandi sendiri, yang kami beri istilah 'cebangcebung' atau 'main air'.

Kalau dilakukan di sore hari sebenarnya cukup menyenangkan, karena saya bisa sedikit bersantai sementara anak-anak mandi. Nah, kalau pagi hari? Disinilah tantangannya, ketika anak ingin bermain air sementara ada tuntutan agar tidak terlambat masuk sekolah.

Dulu saya seringnya memandikan anak-anak demi efektivitas waktu, tapi belakangan akhirnya saya bisa merelakan mereka tetap bersenang-senang di pagi hari sebelum berangkat sekolah.

Ternyata yang saya butuhkan adalah memaksa diri saya sendiri untuk bangun lebih pagi, melakukan aktivitas domestik dan memenuhi kebutuhan saya terlebih dahulu termasuk mandi dan ngemil pagi. Hasilnya, saya merasa lebih segar untuk menjalani pagi itu.

Selanjutnya saya memagari waktu bermain air anak-anak, agar kami tuntas sebelum jam 7.30, maka saya mulai sounding untuk mandi sebelum pukul 6.30. Biasanya mereka terlihat merasa puas bermain setelah sekitar 20 menit bermain. Jadi tugas saya memastikan anak-anak tidak melebihi waktu 20 menit, ini kalau mereka mau mandi sendiri-sendiri. Adakalanya mereka mandi bareng-bareng sambil main, tentunya dengan durasi yang lebih lama.

Yang saya lakukan adalah dengan memberi tahu waktu 10 dan 5 menit sebelum akhirnya mereka harus benar-benar keluar dari kamar mandi.

Dengan cara ini sedikit demi sedikit, mereka belajar mengenal waktu. Minimal mereka semakin gesit jika saya berkata "3 menit lagi yaa.." atau "2 menit lagi yaa..".

Jam Kertas

Pagi ini saya menyempatkan membuat jam mainan, memanfaatkan kertas bekas undangan yang sayang untuk dibuang. Setelah melapisi kertas dengan cat akrilik, saya menambahkan deretan angka dan jarum jam, terakhir menggabungkan semua dengan bantuan push pin.
Fungsi utamanya sebagai alat bantu mengenal waktu, selain itu jam ini juga dapat saya gunakan mengingatkan anak-anak saat menunukkan durasi mandi maupun bermain.
Siang ini jam kertas saya gunakan untuk memberi batas nonton tv siang, awalnya saya tentukan hingga pukul 1 siang, tapi ternyata ada tawar-menawar hingga kami sepakati waktu tambahan hingga jarum panjang di angka 6 (30 menit) sebelum tidur siang sebagai syarat untuk main diluar nanti sore🙌.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar