Sabtu, 25 November 2017

My Journey: Math Around Us day3

"Alifa ulang tahun", dede tiba-tiba nyeletuk tanpa tersenyum.

Kemarin dede melihat foto teman sekelasnya yang sedang merayakan ulang tahun.

Saya menangkap kekecewaannya, karena ulang tahunnya tanpa kue, lilin atau kado spesial dari saya atau ayahnya. Hampir dua minggu lalu hari jadinya dan kami berdua sepakat untuk mengucapkan selamat dan doa, tanpa embel-embel lainnya.

"Sekarang Desember?", Ia membuyarkan lamunan saya.

"Masih November de".

"Ko November lamaaa...", keluhnya.

"Coba lihat sekarang tanggal berapa, sekarang tanggal 25 de",

Mungkin ia teringat dengan rencana kedatangan ayahnya bulan depan.

"Kalau kemarin tanggal berapa de?".

"Ng.. 24".

"Kalau besok, hari minggu tanggal berapa?"

"Dua enam", jawabnya.

Aha, ini juga matematika, dimana kita belajar mengenal waktu, hari dan tanggal, hari ini, besok dan kemarin. Meski dede belum hafal nama-nama bulan dalam satu tahun (Juni dan Juli selalu terbalik), tapi ia sudah mulai bisa membaca kalender dengan baik.

Untuk menghafal nama hari dan bulan, saat itu (ketika kaka getol belajar kalender) tanpa sengaja kami membuat lagu nama bulan dengan menggubah lagu nama-nama hari (lagu ini cukup terkenal di kalangan anak tk).  

Kaka dan Kalender

Dulu ada masanya kaka suka banget sama yang namanya kalender, seingat saya di usia 5 tahun. Ada satu kalender dinding yang selalu dibawa-bawa, nama bulan dihafalkan, tanggal ulang tahun semua orang di dalam rumahpun kaka hafal, sampai tiap kali saya lupa hari atau tanggal saya tidak perlu lihat kalender, cukup tanya pada si sulung.

Seiring waktu, ketertarikan kaka pada kalender semakin berkurang. Kini interaksinya sebatas melihat gambar kalender, tahu nama hari bila ditanya dan kaka juga masih suka melingkari kalender.
Sembari menulis catatan ini, terlintas keinginan untuk mengecek kalender baru yang beberapa hari lalu saya beli, dan sempat kaka bawa-bawa ke sekolah.
Begitu saya cek, ternyata kaka sudah melingkari juga kalender tahun 2018 yang belum dipasang 😅, woow saya lengah rupanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar