Sabtu, 24 Juni 2017

Family: Food

Kukis Lumer Isi Nanas


Salah satu kukis yang saya sukai sedari kecil, dan paling saya cari saat hari lebaran adalah nastar. Si kukis isi nanas, dulu sekali yang saya kenal adalah berbentuk keranjang, yang akhirnya saya yakini bahwa sebenarnya bukan keranjang tapi lebih menyerupai mini pie dengan isian selai nanas. Bentuk lainnya yaitu bulatan berisi selai dan bagian atasnya diberi tancapan cengkeh, menciptakan sensasi aroma manis dan wangi. Belakangan semakin variatif saja bentuk si kukis nanas ini.
Untuk membuatnya, tidak bisa dibilang rumit, namun memang memakan waktu untuk membentuk dan memberi isiannya.
Untuk resep nastar, pilihan saya jatuh pada resep nastar ncc, yang saya modif terkait ketersediaan bahan.
Tekstur nastar ncc yang rapuh menjadi alasan saya berkali-kali menggunakan resep ini sembari terus mencari cara agar mendapat nastar yang berkilau, aww..hihihi.

Resep nastar ncc (sumber: ncc-indonesia):

Berikut bahan yang saya gunakan:
250g margarin
50g gula halus
2 butir kuning telur
350g terigu segitiga
1 sachet susu bubuk
1/4kg selai nanas (bentuk bulatan kecil, masukkan kulkas)

Olesan: kuning telur

Cara membuat:
Campurkan margarin, kuning telur dan gula halus, aduk sebentar hingga rata. Tambahkan susu dan terigu, aduk hingga rata.
Bentuk bulat adonan, pipihkan, beri isian dan bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis.
Letakkan adonan yang telah dibentuk keatas loyang yang telah diolesi minyak dan terigu.
Panaskan oven di kisaran suhu 150°C.
Panggang selama 30 menit, keluarkan lalu dinginkan sebentar.
Beri olesan kuning telur, lalu panggang kembali sekitar 5menit.
Setelah matang, dinginkan nastar, baru kemudian disimpan dalam wadah tertutup.

Nastar yang saya buat kemarin kurang perhitungan saat memoles telur, karena setelah saya poles dan panggang selama 5 menit, ternyata nastar belum mencapai tingkat kematangan yang saya inginkan, jadi saya masukkan kembali agak lama hingga lapisan telur pecah.
Jadi sebaiknya, pastikan nastar memang sudah hampir matang benar, baru kemudian diberi olesan dan panggang kembali selama 5 menit.

Selai homemade lebih direkomendasikan untuk membuat nastar dengan kadar manis dan aroma yang pas. Tapi, menggunakan selai jadi pun tak masalah, nastar tetap menjadi salah satu teman istimewa di hari raya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar