Kamis, 08 Juni 2017

My Journey: Menaklukkan Hambatan Komunikasi #8

Games: Komunikasi Produktif day 8

Bismillah,
Hari ke-8 tantangan..
Hari ini, saya mencoba beralih ke poin berikutnya, yaitu menggunakan kata 'bisa' se-bisa-mungkin yang saya bisa 😁.

Mengapa saya pilih poin ini, alasannya adalah, semenjak kaka sembuh kemarin entah mengapa sifat manjanya agak muncul. Jika biasanya saat mandi ia dapat melakukannya sendiri, kali ini ia justru minta untuk dimandikan.

"Mandi sendirinya nanti sore", janjinya.

Begitu pula saat meminta untuk dibantu memakai baju, bahkan beberapa kali meminta dibawakan piring makanannya ke tempat makan dengan alasan takut pecah.

Sementara dede biasanya meminta bantuan untuk menyalakan lampu, dan mengambil gelas. Sebelumnya dede sudah berulang kali saya minta belajar untuk melakukan sendiri.

"Ayo dede harus banyak akal, apa nih akalnya dede?", pancing saya.

"Dede bisa mengambil kursi atau memakai alat bantu", saran saya.

Seringkali mama merasa saya terlalu 'keras' pada anak-anak. Tapi, menurut saya selama itu aman dan memang sebenarnya mereka mampu untuk lakukan.. kenapa tidak?

Curhat ala diary

Hari ini tiba-tiba kaka mogok sekolah.

"Aku mau istirahat sehari".

Wah, ada apa ini, saya jadi penasaran.

"Ada temenku yang nakal, suka bawa mainan, aku ngga suka", jelasnya terputus-putus.

Sejenak saya mencoba berargumen.

"Kalau gitu, besok juga kaka tidak sekolah ya? (Saya tahu, besok ada temannya yang berulang tahun)"

"Aku liburnya satu hari aja kok", jelasnya.

"Tapi, nanti hari Jumat, kaka pasti ketemu lagi dengan teman yang kaka tidak suka", lanjut saya, kaka mulai menangis.

"Aku ngga suka dia pamer, ga enak tau", isaknya sambil menangis.

"Mungkin karena dia anak daycare kak, pasti bosan seharian di sekolah, makan siang dan tidur siang di sekolah. Makanya bawa mainan. Kaka mau daycare?", Jelas saya panjang lebar, emosinya mereda, ia mencerna dan tau apa yang saya utarakan adalah sesuatu yang masuk akal untuknya.

Tak lama ia minta dibantu ayahnya untuk bersiap ke sekolah.

Bagi saya, tantangan ini bukan sekadar mengatakan 'bisa', tapi saya juga harus berusaha mencari alasan yang masuk logikanya, alasan yang tepat mengapa ia memang layak untuk 'bisa'.

#level1
#day8
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar