Selasa, 06 Juni 2017

My Journey: Menaklukkan Hambatan Komunikasi #6

Games: Komunikasi Produktif day 6

Bismillah,
Hari ke-6 tantangan..
Hari ini, saya mencoba beralih ke poin berikutnya, saya pilih Keep Information Short and Simple (KISS).

Telah saya bahas sebelumnya bahwa saat emosi saya meningkat, maka saya cenderung banyak bicara dengan nada tinggi, ibarat lagu mungkin.. melodinya benar-benar takkan terdengat indah samasekali, hehehe.

Kali ini saya akan mencoba mengganti nyanyian sumbang saya menjadi kalimat yang lebih sederhana, karena saya sendiri pun tak yakin baik kaka dan dede memahami perkataan saya ketika marah, dududu...

Susah? Iya, karena saya harus benar-benar memikirkan apa inti kalimat yang ingin saya sampaikan.

Teknik yang saya lakukan, adalah saya akan berbicara jika anak-anak memang siap mendengarkan. Memegang tangan, atau mungkin menyentuh wajah mereka ketika saya ingin bicara, adalah cara yang saya lakukan untuk mendapatkan perhatian mereka. Selanjurnya mengutarakan apa yang saya inginkan dalam kalimat sederhana.

Dan jika memang berupa kalimat majemuk (biasanya berupa instruksi pada kaka), maka saya akan memberi jeda di antara dua kalimat.

Terakhir, yang saya lakukan adalah konfirmasi. Saya meminta anak untuk mengulang informasi yang baru mereka dapatkan. Jika belum yakin, maka saya akan mengulangi pernyataan dan kembali meminta mereka mengulang informasi.

Sebenarnya yang agak saya khawatirkan adalah komunikasi disaat emosi saya tengah tinggi.

 Namun 5 hari latihan mengendalikan emosi, dengan berdiam dulu ketika marah, semoga dapat membantu saya lebih baik dalam menjalankan KISS.

Curhat ala diary

Bagi saya, yang menarik disini, dengan menerapkan KISS, apa yang saya utarakan jadi lebih jelas dan terarah, hal ini berlaku khususnya untuk dede yang berusia 4,5 tahun.

Meski kadang lupa dengan tantangan ini, yang pasti, tak banyak energi terbuang untuk marah maupun berbicara dengan nada tinggi.

#level1
#day6
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar