Kamis, 09 Maret 2017

Resume 30 Menit Lebih Dekat


c798e367-fadc-4934-874e-1d514dfdb46f.jpgResume 30 Menit Lebih Dekat
KELAS MATRIKULASI BATCH 3
INSTITUT IBU PROFESIONAL - Bandung 1
8 Maret 2017
Narasumber: DZIKRA I. ULYA
Pukul: 08.00-08.30





Biografi Narasumber:
Dzikra I. Ulya atau biasa dikenal dengan Chika adalah ibu dari 3 orang anak yang ketiga - tiganya Homeschooling.
Aktif dalam dunia blogging sejak 2010 dan mempunyai rumah virtual bernama rumahnisrin.com
Seorang Ibu Pembelajar Mandiri yang awalnya gaptek dalam komputer dan design, namun secara otodidak belajar dan sekarang merintis LME-Project (Permainan dan Ebook Anak Muslim).
Tergerak menjadi Ibu Profesional sejak tahun 2014, terutama ketika hadir anak ketiga dan merasakan tantangan yang lebih besar dalam mendidik dan mengelola rumah tangga.
Founder IIP Cianjur dan aktif menjadi fasilitator bermain dan belajar anak2 di taman bacaan masyarakat, @perpusambu Cianjur.
Facebook: chika.hs  | @chikadzikra

Resume Sesi Tanya Jawab:
  1. Teh Ziyana
Teh chika, sy ada pertanyaan :
Atas alasan apakah tth mengambil pendidikan homeschooling??
Apa dampak besar yg tth rasakan stlh mengikuti IIP scr mental dan pendidikan anak?? (Memacu diri ini hehe)
Jawaban: Alasannya dulu karena kami hidup nomaden... 2 minggu pindah tempat... 😂
Tapi karena kami menyelami HS, malah jatuh cinta dan terus HS sampai punya anak 3.. ☺
Dampak besar:
- saya jd bisa design2 dan belajar seni di forum internasional (ceritanya panjang.. 😆)
- saya jadi berasa punya pager ayu dan lembaga konsultan yg nemenin perjalanan parenting dan rumah tangga
- saya ketemu banyak saudara dan keluarga baru...

Woooww maa syaa allah..
😍😍😍
Forum internasional??
Forum resmi homeschooling maksudnya teh??
#kepo hehe..

Bukan resmi juga sih yaa... jadi ada komunitas HS di Negara bagian Amerika, yg suka bikin diskusi, meet up... Tentunya saya cuma ikut diskusi online..
Ada juga forum digital design, dan scrapbooking. Dari situ saya belajar banyak, karena ternyata banyak nenek2 usia 70 tahun yg jago photoshop... hhaaaa masa aku kalah.. 😆

Tth mhn maaf, nisrin ini anak yg pertama usia brp?? Evelyn anak ke dua ya?? Kirei anak ketiga??

sdg mncoba menyambungkan dgn obrolan, biar masuk ke nurani.. hihi
😬
Iya... Nisrin 10, Evelyn 6, Kirei 3 th.


  1. Teh Prita
Teh Chikaa mau tanyaa.. Saya Prita Annisa.
1. Teh, apa aja yang harus disiapkan untuk bs mendidik anak dengan homescholing?
2. Teh sebenernya saya suka blogging, gimana cara atur waktunya teh? Kadang saya punya inspirasi, eh tapi keburu ilang karena sibuk 😅😅
Jawaban: 1. Siap main dan belajar bersama.
2. Atur waktunya... saya buka blogger tiap ba'da subuh dan setelah anak2 tidur.

soal kurikulumnya gmn teh? kan kalau sekolah formal semuanya sudah ada. apakah kita ikuti? atau kita buat sendiri? soalnya ada ketakutan tidak bs mendidik dengan baik (karena tidak mampu) jika homescholing 😔

Disusun sendiri. Tiap keluarga beda... Kami tipe unschooling.
HS itu bukan memindahkan sekolah kok..

  1. Teh Afina
Teh Chika, saya mau tanya rutinitas pagi teteh sebelum suami berangkat kerja. Kan heboh ya antara anak satu dan yg lain. Belum lagi urusan domestik. Dan bagaimana anak teteh bangun, apakah dibangunkan atau menunggu mereka bangun?? Karena saya salut sama yg homeschooling, pasti manajemen waktunya oke. Haturnuhun
Jawaban: Suami saya buka toko di bandung. Jd hanya weekend di rumahnya.
Iya bagi2 tugas... Nisrin tugasnya memastikan evelyn melakukan rutinitas pagi. Saya siapkan makanan, Nisrin siapkan perlengkapan makan.
Evelyn nemenin kirei main selagi saya siapin makanan.
Anak2 masih dibangunin, kalau belum bangun sebelum waktunya.
Heboh... tapi ya jalani saja.


  1. Teh Dessi
Cuma grup ini yg gak pernah di clear chat 😘
Semangattt... Walopun minggu kmaren gak setor nhw😭
Tanya teh Chika, apa sih yg bikin teteh yakin bisa menjalani homeschooling buat anak2. Apa ngga takut dibilang anti mainstream
Jawaban: (belum terjawab)

  1. Teh Witri
Teh chika perkenalkan saya witri. Mau tanya teh, bagaimana membuat blog yg menarik? Tentunya selain kontennya.. Agar tampilannya menarik bagaimana ya teh? Saya newbie nih dalam blognya.
Mohon Sharingnya teh, haturnuhun 🙏🏼
Jawaban: Cari tutorial blog template... banyak banget...

  1. Teh Andam
Assalamu'alaikum teh cika, salam Kenal teh, saya Andam
Saya awam dengan HS, Kalau dari sisi pergaulan sosial anak2 bagaimana teh?
Jawaban: Sisi pergaulan, Ibu saya punya TK... jd kami bantu mengelola TK. Nisrin jadi asisten guru TK.
Saya juga aktif jd fasil di Perpus Ambu, di sana banyak anak2 dan orang dewasa yg mau berteman...
Kalau di bandung gamoang banget cari komunitas dan kegiatan.
Di cianjur, saya bejibaku bikin kegiatan dan cari temen HS..


  1. Teh Nurita
Assalamualaikum teh chika, kenalkan saya Nurita. Mau nanya ya teh..
Teh kan ada banyak komunitas hs tuh, teteh berpayung dimana dan kenapa teteh memilih komunitas tsb?
Jawaban: Hmm gak di satu komunitas, semua HS ck ikut.. tapi partisipasi offline nya tergantung kondisi keuangan dan kesehatan keluarga..
G ada pertimbangan, ya temenan dan gabung aja...

Teteh beralih ke HS sejak tahun berapa? Apa anak pertama pernah sekolah di sekolah formal?
Dari usia dini... cuma karena orang tua punya TK, jd kami bisa ikut2 kegiatan (jika mau).
Nisrin pernah 1 tahun di sekolah tahfidz.. tp thn 2015 memutuskan unschooling.

  1. Teh Wilda
Bismillah. Teh Chikaaa salam kenal. Mau tanya... 😄
1. Mengenai blogging dan desain sekaligus menciptakan buku karya kita, perangkat wajib apa yang harus dimiliki selain gadget? Saya tertarik buat portofolio anak nih.
2. Homeschooling itu berlaku untuk anak-anak sejak dan usia berapa teh? Bagaimana menyusun kurikulum yg khas?
Haturnuhun teteh.. Saya Wilda sama2 pecinta desain dan dunia pendidikan. 🤗
Jawaban:
1. Perangkat, udah punya android aja skrg sudah bisa bikin portofolio bagus. Tapi ya pakai laptop dan program2 dari adobe itu keren banget.
Belajar seni, esp art journaling (saya juga blm konsisten di bidang ini)
2. Dari usia dini. Caranya observasi anak dan keluarga kita.

(Teh Ziyana)
Luar biasa ini, 👍..
Teh untuk observasi anak, tth membagi tugas dgn suami spt apa?? Apa peran suami dan apa peran tth dalam HS??

Kalau di HS tdk bagi2, tapi kalau tugas rumah tangga bagi2...
Kami fokus melakukan family project dan forum..
Suami bagian sharing dan mendongeng ketika family forum.

(Teh Ziyana)
Berarti materi sharing dan family forum khusus di weekend ya teh?? Klo pa suami tth sudah pulang??

Kalau gak ada suami, kita kegiatannya padat..

  1. Teh Rifa
Teh Chika mau tanya dong. Perkenalkan saya rifa. Untuk homeschooling apakah ada referensi tertentu yang teteh gunakan? Apa saja, Teh? Atau teteh murni kreasikan sendiri? Hehe. Kalau iya, inspirasinya dari mana aja, Teh? Hehe . Makasih banyak, Teh 😊
Jawaban: Tdk ada referensi utama. Sederhananya, temen2 yg tertarik HS, ikut webinar rumahinspirasi.com aja.. 😉

  1. Teh Tari
Assalammu'alaikum
Saya prati. Salam kenal teh.
Teh, mau nanya bagaimana menyakinkan keluarga terdekat yang notabene orang tua dan mertua merupakan keluarga yang mengutamakan pendidikan formal hingga jenjang berikutnya dan mereka merupakan pendidik di sekolah formal?
Jawaban: Diajak ikut berkegiatan HS dan observasi perkembangan anak...
Dg HS tertinggal atau tidak?

Kalau mereka bilang, kamu kan background nya bukan pendidikan anak, kamu background nya IT, kenapa gak dibagikan peran nya kepada orang yang sudah memperdalam pendidikan itu?
Karena setiap orang kan punya peran—peran nya masing2 yang harus kita percaya. Kayak dokter, guru, petani
Jawaban: HS juga berbagi peran dg profesi lain.. bukan mengajari semua hal pada anak. Bukan memindahkan sekolah ke rumah.

  1. Teh Lisna
Assalamualaikum, saya lisna teh. Oh iya dlm homeschooling sendiri apa saja yg harus dipersiapkan? Dan darimana kita bisa belajar untuk apa saja teknik2 untuk pelaksanaannya?
Jawaban: Orang tua harus siap belajar.
Ikut webinar HS aja teh... di atas sdh saya sebutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar