Jumat, 03 Maret 2017

Resume 30 menit Lebih Dekat

Resume 30 Menit Lebih Dekat
KELAS MATRIKULASI BATCH 3
INSTITUT IBU PROFESIONAL - Bandung 1
2 Maret 2017
Narasumber: Eva Novrita
Pukul: 17.00 - 17.30

Biografi Narasumber:


Eva Novrita


Setelah berkonsultasi dengan suami, Ibu dari satu putra ini memutuskan tetap bekerja di ranah publik.


Bertemu dengan suami dalam bidang bahasa arab, akhirnya menyamakan misi untuk membumikan bahasa arab untuk sebanyak mungkin umat.


Menjadi pengurus koperasi sejak tahun 2007-2009. Setelah itu off untuk melanjutkan kuliah. Kembali dipercaya menjadi pengurus koperasi sejak 2016.


Pengalaman sebagai admin dan bendahara IIP Tangsel dan saat ini diberi amanah menjadi Manager Keuangan IIP Nasional, menjadi alasan kuat untuk fokus mendalami keuangan.


Semoga menjadi sarana pembelajaran dan menjadi ladang ibadah.


Facebook : facebook com/eva.ungu.1
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -- - -- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -- - - - - -


Resume Tanya Jawab
1. Teh Ismi
Mba eva, saya ini sejak kuliah pun sampai sekarang senang mencatat keuangan, bahkan qadarullah saya ini pernah bekerja sebagai programmer, tapi ditempatkan di keuangan terus πŸ˜† nah mba, apa ya tips bagi para ibu dan istri sebagai manajer keuangan, kadang kadang yang masih sulit adalah menabung mba πŸ˜”


Jawaban: Betul teh, saya juga masih berjuang keras ini untuk menabung...
Akhirnya saya pilih memaksa menabung dengan arisan keluarga yg cukup besar nominalnya. Dari arisan inilah saya bisa berangkat haji, bisa membangun kontrakan dll. Karena kalo nabung di bank atau  investasi emas, malah jadi berakhir di pegadaianπŸ˜‚


2. Teh Lisna
Sekalian mau tanya yah, bagaimana tantangan yg mba rasakan ketika menjadi seorang ibu yg bekerja di ranah publik sekaligus totalitas sebagai ibu dan istri ?


Jawaban:  Tantangannya saat ga ada art, dan kerjaan padat... Maka saya rawat baik baik ini ART yg sudah bertahan selama dua tahun, alhamdulillah betah.
Delegasikan pekerjaan yg bisa didelegasikan seperti pekerjaan rumah tangga. Sebagai istri dan ibu, saya komunikasikan dengan suami, saya tidak maksimal dalam hal memasak, maka kalo beli jadi tak masalah ya...
Yang sebisa mungkin saya pegang adalah urusan anak, ini utk membangun bonding dan menabung kedekatan


3. Teh Maya
Bagaimana mengatur waktu dan membuat jadwal utk anak2 dgn energi sisa?


Jawaban: Seimbang dalam hal asupan gizi dalam semua aspek, baik aspek fisik, psikis dan spiritual
Saya buat jadwal olahraga agar tubuh selalu fit
Otomatis waktu istirahat berkurang karena banyak amanah baik di dalam rumah tangga, di iip, di tempat kerja dll. Dan tidak banyak menunda pekerjaan, target yg bisa diselesaikan cepat, diusahakan tidak molor agar tidak nunpuk kerjaannya.


Pertanyaan kedua: Kalau boleh tau, teteh investasinya apa saja?
Jawaban: Investasi saya hanya di
Arisan
Properti, : tanaah, kontrakan
Sedekah


Sedekah bisa juga  jadi investasi , seperti menyekolahkan sodara, membantu sodara yg kekurangan, berbuat baik ma tetangga, menolong saat ada yg membutuhkan. Itu seperti mengundang datangnya kemudahan kemudahan lain yg tidak bisa diprediksi.


4. Teh Nurita
Assalamualaikum teh novi, salam kenalπŸ˜ŠπŸ™.
Nama saya nurita. Sekarang posisi saya full time mom, sekaligus 'kasir' rumah tangga, ingin deh naik kelas jadi 'manager keuangan rumah tangga'. Menurut teh novi, apa dulu yg harus saya pelajari utk menjadi manager keuangan di rumah?


Jawaban: Yang pasti saat menjadi ibu, banyak ilmu yang harus kita pelajari. Saya masih keteteran dulu dlm beberapa hal. Kalau ttg keuangan, banyak di internet sumber belajar ttg manajemen keuangan, perencanaan keuangan, tips investasi


5. Teh Dea
Assalammu'alaikum mba eva salama kenal saya dea 😊
Mau bertanya mba, mba fokus membumikan bahasa arab, saya sangat tertarik bisa bahasa arab tapi mulai dari mana ya mbaa biar semangat dan ga kaget duluan karena ngerasa susah 😁


Jawaban: Untuk bahasa arab, harus dikuatkan niatnya mba, hilangkan mind set  bahwa bhs arab itu sulit
Saya sedang mau memulai rumbel bhs arab di iip tangsel,, semester kemarin sudah berhasil, biasanya ibu ibu semangat di awal, di akhirnya makin menurunπŸ˜…


Semuanya kembalu ke niat ya teeh.. Hatur nuhun teteh 😊
Yup niatkan bahwa belajar bhs arab inj investasi akhirat, utk membantu memahami alquran, bacaan shalat, doa doa dll


Pertanyaan kedua: Teteh mau nanya lagi, investasi atau saving keuangan untuk anak nanti apakah sebaiknya dilakukan sedini mungkin teh? Alhamdulillah In sya Allah saya baru akan diamanahi seorang anak teh, tapi masih bingung saving nya dalam bentuk tabungankah, gimana tips nya biar ga kepake sampai waktu sang anak butuh untuk pendidikannya..


6. Teh Shiva
Kalau saya karena insyaallah memutuskan untuk saat ini dirumah saja...Saya ingin menanyakan, bagaimana tanggapan kita ketika dicurhati temen yang seperti merasa dipaksa untuk bekerja oleh suami? πŸ˜…


7. Teh Nurul
Assalamualaikum teh, perkenalan sya nurul, terimkash waktunya.. dan inspring bgt teh, bisa jd multitalent di RT, iip, kantr dll?hehehhe


Mau tanya teh
1. Bisa nyontek kah jdwl haria  teteh hehhe,, krn sya merasa drmh saja kdg kerjaan g beres2
2. Bagaimana mensiatasi yg ldg pekerjaan kantor ada waktu ttru yg menyiga waktu drmh
3. Untuk keuangan, ada sumber yg rekomen teh dinternt?apa bs tau linknya?krn sya juga sama dengan teh @Teh Ismi Fasil IIP  masih suka susah nabung,,
Nuhun


Jawaban: 1. Jadwal harian saya, pas kerja ya kerja... Setelah kerja main bersama anak.
Malam hari setelah anak tidur, baru mengerjakan tugas kantor dan organisasi
2. Terjawab di nk 1, saya kadang membawa kerjaan ke rumah karena ga mau lama di kantor, minimal keliatan udah pulang sama anak walo setelah itu sambil ngerjain pekerjaan kantor
3. No 3 coba di pengusahamuslim.com


8. Teh Derini
Mba eva,  salam kenal saya Derini 😊
mau bertanya mengenai keuangan keluarga. bagaimana mengelola keuangan dengan baik,  ketika hitung-hitungan ternyata pemasukan dan pengeluaran sama.  sehingga sulit untuk menabung.


Jawaban: Pilihannya hanya dua mba
Menambah pendapatan atau menghemat pengeluaran
Kalau pengeluaran susah dihemat, berarti saatnya berfikir utk menambah pendapatan, misal dg bisnis, nulis dll


9. Teh Ekita
Teteh novi assalamualaikum, saya eki . Salam kenal ya~~
Minta tips dan pengalamannya dong teh, waktu masih baru nikah di keuangan keluarga teteh apa yg diprioritaskan? Dan gimana cara pembagian untuk tabungan dan untuk sehari-hari?
Aku masih single, dan masih dagang kecil-kecilan, sedangkan calon kerja. Kemaren malem baru diskus tentanv keuangan ini dan kami sama-sama bingung nyiapin apa dulu yah :(
Hatur nuhun teh novi


Jawaban: Kalo di awal awal, belum kepikir utk investasi, yang penting ga minus saja dulu hehe
Trus saya kan dari tasik, suami kudus, jadi harus nyiapin dana utk mudik


Kalau sudah teridentifikasi pemasukan dari kedua belah pihak, bisa direncanakan utk kebutuhan berikut
Primer seperti konsumsi sehari hari, zakat n sedekah
Sekunder bisa jadi rumah
Tersier bisa jadi nabung, investasi.
Tergantung tiap orang kebutuhannya, bisa berbeda beda porsinya.


Yg dari internet bisa juga browse di
Finansiaconsulting.com


10. Teh Dinda
Assalamu'alaikum teh eva,saya dinda.Kalo blh tau utk nabung jangka panjang misal dana utk pendidikan anak,teteh nabungnya via apa ya teh selain arisan?


Jawaban: Waalaikumussalam teh dinda, sejak gadis saya dah investasi di properti yaitu nyicil bangun kontrakan dari uang arisan jadi arisan menang itu diputer lagi


Saya kurang percaya dg asuransi, penah trauma dg salah satu produk asuransi jadi ga mau lagi invest disitu.


11. Teh Andam
Assalamualaikum mba eva, salam kenal saya Andam
Kebetulan saya memiliki background yang sama dengan mba eva, saya ingin tau bagaimana mba eva dapat meningkatkan skill dibidang keuangannya sehingga dapat menebar manfaat bagi sesama dengan segala tantangannta sebagai seorang ibu dan istri?


Jawaban: Skill nya harus dibenturkan dengan pengalaman mba
Kebetulan saya dijebloskan temen temen jadi bendahara masjid, bendahara koperaai jadi terpaksa belajar akuntansi, jadi tau aktova, pasiva ,aset, neraca dll.


12. Teh Prita Purwijanarti
Bu Eva, perkenalkan saya prita.. mau tanya.., punya referensi buku atau video yang mudah untuk belajar bhs arab?.. karena saya agak kesulitan sesuadah menikah, untuk keluar dari rumah., hatur nuhun.,


Jawaban: Buku elektronik banyak nih saya , ada yg inggris arab dll... Yang mau dikirim via email, dikoordinir ma admin ya. Atau nanti saya kirim ke salah satu, nanti baru diforward ke yg lain. Niatnya kan pengen membumikan jadi harus lebih tersebar juga. Saya juga dapetnya dari intrnet ko.


13. Teh Wilda
Bismillah. Teh Eva saya wilda, sebagai ibu anak 1 yg mau 2 tahun. Galau karena masa golden age nya hampir mau lewat sementara sy masih ngajar di full day school sampai jam 4-an. Merasa bersalah masih ada. Bagaimana menyiasatinya ya teh. Ingin resign tapi rasanya melepas di sekolah agak sulit juga krn mrasa dibutuhkan juga disana, plus membantu suami juga meringankan finansial keluarga.


Jawaban: Kalau suami ridha, lanjutkan mba. Kalau suami meminta berhenti, seperti bu septi diminta menjadi ibu rumah tangga, maka kita harus berhenti. Kalau suami sudah ridha, insya allah nanti dimudahkan saja menjalaninya.


14. Teh Prita Annisa
Assalamualaikum teh evaa salam kenal saya prita annisa 😊
mau tanya teh..
apakah kita perlu menabung secara terpisah uang untuk liburan, umrah/haji, rumah, dll sbg?
karena terkadang uang suka tercampur dan malah jd tidak terarah kegunaannya.


Jawaban: Waalaikumussalam teh prita, betul perlu alokasi khusus utk menabung, dulu saya menabung haji hanya dg 100rb per bulan sambil jualan baju, alhamdulillah saat niat haji, tak disangka sangka rejeki berdatangan terus.


15. Teh Prima
Assalamualaikum mba Eva, saya Prima. Sebagai ibu bekerja di ranah publik, hal apa yang paling bisa mengganggu mood atau semangat dalam menghadapi semua peran. Apa tips utk. Mengatasi gangguan tsb? Terimakasih..😘


Jawaban: Yang paling ganggu kalo kerjaan lagi numpuk, anak sakit, uang kurang hehe.
Cara antisipasinya:
Ibu nya harus sehat dan bahagia dulu , maka saya sempatkan olahraga, nonton walo bentar, dan perbanyak baca quran dan ibadah krn ini yg menguatkan kita secara mental...
Antisipasi yg bisa mengundang marah misalnya cape, laper.


16. Teh Ismi
Okay mba adakah pesan khusus untuk para ibu ranah publik sebelum left. Disini kebetulan banyak ibu ranah publik biar tetap semangat 😍


Jawaban: Intinya luruskan niat, tidak saling  menyalahkan antara ibu rumah tangga dg yg bekerja


Setelah itu berikan pelayanan terbaik pada suami seperti kita melayani konsumen di tenpat kerja


Dan yg terpenting minta pertolongan Allah karena Allah lah yang maha kuasa memudahkan.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -- - -- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -- - - - - -


Aliran Rasa
Teh Wiwik
btw sebenernya saya ngiri sama ibu kerja, kadang sholat dn doa mereka lbh khusyuuu bgt utk anak dan klrganya, krn ninggalin jd bener2 nitip tuh ke Allah.. saya jd malu mentang2 dirumah ngerasa aman krn ank keliat sama sy, pdhl siapalah sebaik-baik pemelihara dan pnjaga anak-anak kita kekak πŸ˜žπŸ˜žπŸ˜“


Teh Maya
Teh.. sy kebalikan, justru pengen bs full time sm anak2, kadang merasa sangat bersalah meninggalkan mrk saat hrs bekerja 😭. Ada rasa deg2an, was2. Tp setelah sharing dgn ibu septi dan teh eva, Alhamdulillah dpt pencerahan


Teh Dessi
Memang teh, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.
Alhamdulillah saya pernah merasakan jadi ibu ranah publik selama 8 tahun. Dan sekarang jadi ibu domestik sudah 6 tahun. Anak pertama yg ditinggal kerja beda karakter dgn yg saya asuh setiap hari. Saya memang sudah bulat memutuskan di rmh jadi sampai sekarang belum ada keinginan lagi utk bekerja 😊
Semangat ibu2 semua yaa apapun pilihannya 😘

Sumber: Notulensi teh Prita  MATRIKULASI IIP batch#3 BANDUNG 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar