Sabtu, 04 Maret 2017

Resume 30 menit Lebih Dekat

c798e367-fadc-4934-874e-1d514dfdb46f.jpgResume 30 Menit Lebih Dekat
KELAS MATRIKULASI BATCH 3
INSTITUT IBU PROFESIONAL - Bandung 1
3 Maret 2017
Narasumber: Ike Pratiwi
Pukul: 13.45-14.00 15.05-15.20
Biografi Narasumber:
πŸ‘© IKHE FANANI


Ike Pratiwi dikenal dengan nama Ikhe Fanani, lahir di Gunungkidul, Yogyakarta adalah lulusan Public Relations Communications Universitas Gadjah Mada & Universitas Indonesia.


Seorang Ibu Rumah Tangga dan isteri dari Muh. Fandhi Fanani, S.H, M. Hum. serta bunda dari Muhammad Dzakwan Faiq Wasim Fanani (4th), Homeschooling.


Impian untuk bisa memberikan yang terbaik dalam kehidupan sang putra dan suami, mengenalkannya pada IIP sejak tahun 2013.


Kecintaannya dengan dunia Public Relations Communications menghantarkannya menjadi PJ Acara, Master of Ceremony, Moderator, Public Speaker di beberapa acara baik di IIP Tangsel maupun acara lain.


Pernah menjabat sebagai koordinator Media Sosial IIP Tangsel, Sekretaris Fasilitator Batch#1 & Batch#2, Fasilitator kelas Matrikulasi IIP Batch#2 Korwil 2 IIP Tangerang - Tangsel, Fasilitator kelas Matrikulasi IIP Batch#2 Korwil 4 Mr. JatseLa (Malang Raya, Jatim Selatan, & Lamongan).


Founder dan aktif dalam komunitas Homeschooling, PANCAR


Saat ini menjabat sebagai Fasilitator Matrikulasi ReMedial Nasional 1 Batch#3 dan Sekjen Fasilitator Nasional Periode 2017 - 2018.



Resume Sesi Tanya Jawab

  1. Teh Ismi
Mba ike, saya mau tanya duluan πŸ˜„. Sebagai ibu rumah tangga yang tidak ada background PR, bagaimana caranya agar pede bicara didepan atau ke masyarakat untuk sharing sharing. Kadang kadang karena ga pede, suka menciut saja
Jawaban: Latihan dan terus latihan, di depan kaca lebih okeπŸ‘πŸ˜‰

Ketika anak tidak mau sekolah formal, berarti orangtua harus siap untuk HS ya mba?

2. Teh Witri
Teh ike perkenalkan saya witri, saya ingin bertanya karena teteh ahli di bidang PR yah,  bagaimana caranya mengontrol emosi di depan khalayak ramai saat akan memulai pembicaraan? Malah suka nervous duluan, berani sih iya, tapi itu lho deg-degannya.
Haturnuhun teh sudah menyempatkan menjawab.
Jawaban:Persiapkan sebelumnya sebelum berbicara di depan banyak orang. Termasuk materi dan segala hal yang mendukung performance kita jauh-jauh hari. Kemudian latihan - latihan dan latihan. 😊
kalau boleh tahu nervous nya karena apa mba?

Nervous, karena ga kenal dengan yang lain, dan takut salah bicara πŸ˜„
Jawaban:Jangan pernah takut salah, kalau Anda belum mencobaπŸ˜‰. Anggaplah Anda bebicara dengan tembok atau ruangan kosong..

3. Teh Lisna
Mba ike perkenalkan saya lisna. Mau tanya yah seputar pendidikan anak dengan cara homeschooling itu bagaimana persiapannya ?terus metodenya seperti apa ya ?
Jawaban:Persiapan awal, orangtuanya dulu yang belajar & paham betul tentang apa itu HS dan segala pernak-perniknya. Punya kesepakatan akan tujuan, visi, misi keluarga yang akan dijalankan. Untuk metode, masing-masing disesuiakan dengan kondisi keluarga yg menjalani.

4. Teh Prita
Terus teh, kalau saya sebenernya ada rasa percaya diri untuk bicara-nya, (gak demam panggung gt) tapi saya lebih ke takut diremehkan dluan, saya punya apa siih untuk bicara :(
Jawaban:Satu hal yang paling penting adalah 'Penguasaan Panggung' dan PD. Cari tahu apa sekiranya yang membuat mba PD, jadikan itu sebagai kekuatan.

5. Teh Prati
Salam kenal saya prati mbak mau nanya tentang homeschooling. Sharing donk mbak, gmna cerita nya mbak dan suami memutuskan pendidikan anak melalui homescholing? Dan persiapan ilmu seperti apakah yang diperlukan?
Jawaban:Jawaban saya hampir sama dengan mba Lisna.
Saya tambahkan sejarah kami memutuskan HS. Singkat cerita, awalnya kami ngobrol berdua tentang masa lalu, masa sekarang, dan masa depan tentang pendidikan. Tujuan, visi, misi keluarga mau bagaimana. Kami mencari tahu, browsing, dll. Pilihan jatuh hati kepada HS. Setelah punya anak, kami akhirnya sepakat dengan suami, bahwa HS adalah salah satu pilihan alternatif pendidikan untuk Dzakwan. Kami lanjutkan dengan mencari mentor dan berkomunitas.

6. Teh Risma
mba..ada trik2 ga biar pas udah di depan audiens kita g gugup? pgn banget bisa nguasain ilmu ini😍
oh iya satu lagi, cara biar bicaranya ada titik koma gt gmn y he..soalnya kebiasaan kl saya bicara suka cepetπŸ™ˆ
Jawaban:Latihan, latihan, latihan, bertemu dengan banyak orang dan berkomunikasi dengan mereka. Itu salah satu yang saya lakukan. Berjalan sendirian di depan kerumunan orang, dan berusaha menyapa mereka.

7. Teh Dea
Assalammu'alaikum mba ike perkenalkan saya dea..
Mau bertanya mba apa yang menjadikan mba ike yakin untuk menyekolahkan anak dengan homeschooling? Dan bagaimana cara meyakinkan orang tua yang berfikir bahwa kalau homeschooling nanti gimana ujian nasional dll karena orangtua cenderung lebih percaya sekolah negeri biasa
Hatur nuhun mbaaa 😊😘
Jawaban:Wa'alaikumsalam wr wb. Karakter anak, gaya belajar salah satu yang membuat saya menghomeschoolingkan Dzak.
Untuk meyakinkan orang tua : kami mencoba ngobrol dengan orang tua.

8. Teh Dian
Nyimak.
Boleh disharring ga mbak dmn kita bisa belajar metode2 HS tsb? Kurikulum ny, dll..
Punten, lupa mengenalkan diri. Sya Dian mbak.. tertarik dgn HS utk anak sya sblm dia sklh formal (SD)..

9. Teh Olla
Mba Ike saya ingin bertanya, adalah cara menghilangkan fikiran "takut salah" atau ga perlu mikirin pendapat orang lain? Kadang itu yg suka bikin gugup
Soal HS boleh sharing pertimbangan mba dan suami menerapkan HS?

10. Teh Vita
Ass mba ike saya vita.. kalo pengen belajar metode home scholing apa ada pelatihanya??kl ada dimana ta mba??thx u
Oia mba ike kl ada referensi bukunya juga..

11. Teh Dini
Assalamualaikum
Saya dini..
Mba ike mau minta saran, gmn caranya nahan emosi sama anak..
Kadang kalo udah kepancing, kita jadi cerewet dan akhirnya menyesal
Padahal kita tau bukan anak yang salah, tapi kadang kondisi membuat kita terpancing emosi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar