Kamis, 09 Maret 2017

My NiceHomeWork

Nurita Azizah Rachman
NiceHomeWork#7
Tahap Menuju Bunda Produktif

Melihat Lebih Dekat

NHW#7 ini mengajak pesertanya untuk lebih mengenal diri, melalui tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping di temubakat.com.
Sejak dulu saya selalu tertarik dengan berbagai tes bakat, tentunya NHW#7 ini membuat saya lebih antusias lagi.
Tampilan hasil ST30 saya adalah sebagai berikut:
WhatsApp Image 2017-03-09 at 1.09.09 AM (1).jpegWhatsApp Image 2017-03-09 at 1.09.09 AM (2).jpeg
Bakat Peran (Potensi Kekuatan)
WhatsApp Image 2017-03-09 at 1.21.05 AM.jpeg
Hasil st30 menunjukkan bahwa potensi kekuatan saya nampak pada bakat caretaker, creator, designer, educator dan journalist. Dengan kekuatan yang berada pada cluster individual (generating idea  dan elementary) yang lebih besar dibandingkan dengan cluster interpersonal (networking dan servicing).
Melihat hasil tersebut, saya seolah diajak mengingat kembali dunia yang pernah saya tekuni beberapa tahun lalu.
Selepas masa perkuliahan, meski tanpa basic pendidikan (hanya mengandalkan pengalaman belajar selama sekitar 18 tahun) saya terjun ke dunia pendidikan anak. Selama sekitar tiga tahun saya menekuni profesi menjadi guru sekolah dasar. Terseok saya mengikuti ritme, belajar lagi dari awal tentang pendidikan, tentang anak, tentang cara belajar.
Satu kata atas pengalaman itu adalah : syukur.
Saya amat bersyukur pernah mencicipi profesi guru dan berinteraksi dengan anak-anak. Ya, saya mencintai dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan caretaker, creator, designer dan educator seperti disebutkan pada hasil ST30 diatas. Meski demikian saya merasa masih memiliki satu kendala, yaitu komunikasi secara lisan. Adakalanya itu menjadi hambatan besar dalam diri, entah karena rasa kurang percaya diri atau memang kurang berbakat berbicara lisan.
Pada akhirnya saya memilih menekuni dunia komunikasi tulis. Saya suka membaca sejak kecil juga menulis meski pengalaman masih minim. Saya merasa melalui tulisan, saya lebih tenang, bebas dan lancar ketika berkomunikasi. Inikah yang dimaksud dengan bakat journalist? Dunia menulis inilah yang saya rasa tepat untuk mengalirkan intuisi saya yang cenderung intrapersonal.

Non Bakat (Kelemahan)
Kelemahan saya ada pada ambassador, commander, interpreter, marketer dan seller. Saya merasa ini terkait dengan kemampuan interpersonal saya yang rendah, hanya sekitar 40%. Point-point diatas memang selama ini menjadi hambatan ketika mempelajarinya, karena saya tidak menguasai dan juga kurang menyukainya.

Kuadran Aktivitas
Berikut 4 kuadran aktivitas saya berdasarkan bisa/tidak bisa dan suka/tidak suka

Bisa
Tidak Bisa
Suka
  • Menulis
  • Memasak
  • Cuci, setrika, membersihkan rumah
  • Belajar
  • Membaca
  • Merancang/membuat perencanaan kegiatan harian maupun rencana belajar anak
  • Melakukan tugas administratif
  • Makeup
  • Aktif berkomunikasi lisan
  • Menjadi mediator
  • Menjadi perwakilan suatu komunitas
  • Menganalisis suatu masalah dengan detail

Tidak suka
  • Olahraga
  • Eksperimen melakukan hal baru
  • Menjual sesuatu
  • Mengatur/mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu
  • Mempelajari bahasa asing

Refleksi: Meninggikan Gunung Meratakan Bukit
Kali ini setelah menemukan bakat dan non bakat melalui hasil ST30, saya akan mencoba berfokus pada hal yang saya suka dan saya bisa. Bukan berarti saya meninggalkan hal yang tak saya bisa dan tak saya suka, karena sesekali saya akan belajar apa yang ada di kuadran 2 dan 4 aktivitas saya, namun saya tak akan memaksakan untuk berhasil dan menguasainya dalam waktu singkat, perlahan saja dan tak memaksakan diri.  
Belajar terus belajar, meninggikan gunung bakat yang saya miliki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar