Rabu, 22 Maret 2017

My NiceHomeWork

NuritaAzizahRachman
NiceHomeWork#9
Bunda Sebagai Agen Perubahan

Ibu Saleha Sang Agen Perubahan

Children-Playing-Outside.jpg
pic from google
Tiba saatnya mempelajari materi terakhir kelas Matrikulasi Ibu Profesional (MIP), yaitu ibu saleha. Perasaan saya agak sedih karena artinya sesi belajar matrikulasi akan segera berakhir 😭, namun ada rasa bersemangat juga karena jika lulus maka saya dapat belajar di tahap selanjutnya yaitu kelas Bunda Sayang 😊 semoga lulus😁.
Ibu memegang peran penting dalam pendidikan sebuah generasi, karena seorang ibu identik dengan keberadaan keluarga.
Mendidik satu perempuan sama dengan mendidik satu generasi
Saya sebagai ibu diminta untuk dapat menemukan misi pesifik hidup, sebelum melanjutkan ke tahapan menjadi change maker family dan pada akhirnya nanti bermanfaat menciptakan perubahan di lingkungan masyarakat.

Berempati dan Menemukan Isu Sosial

Menjadi ibu rumah tangga yang bisa membawa perubahan di lingkungan masyarakat.. Why not?
Walaupun mungkin belum dapat segera dieksekusi, petunjuk tahapan yang diberikan bu Septi membuat saya mulai mendapat gambaran apa yang dapat saya lakukan nanti.
Hal pertama yang harus saya lakukan adalah memunculkan rasa empati, dengan mengamati lebih dekat lingkungan masyarakat disekitar tempat tinggal saya saat ini. Menggali, masalah sosial yang ada di dalamnya. Melihat ke diri, passion apa yang saya miliki, yang sekiranya dapat menjadi solusi dari masalah sosial yang saya jumpai saat ini.
Minat, Hobi, Ketertarikan
Skill Hard-Soft
Isu Sosial
Masyarakat
Ide Sosial
Menulis cerita anak
Hard skill:
Journalis (menulis)
Caretaker
Creator
Designer
Educator
Soft skill:
intrapersonal
Dilingkungan sekitar saya, ada beberapa anak usia pra SD yang seringkali bermain tanpa pengawasan orang tua diluar rumah, di akhir pekan mereka menjadi teman bermain anak saya, secara fisik mereka memiliki perkembangan yang baik, namun tampaknya memerlukan banyak sentuhan orang dewasa untuk memperbaiki bahasa, adab bergaul, sopan-santun
Anak-anak pra sekolah, atau SD level 1-3
1. Membuat buku cerita untuk anak, mengangkat tema terkait karakter, adab bergaul, sopan-santun dan bahasa
2. Sebulan sekali, bekerjasama dengan posyandu atau sekolah ibu, untuk membuat kegiatan storytelling untuk anak usia dini
3. Membuat perpustakaan yang berisi buku bacaan ramah anak


Refleksi: Mengawali Sebuah Perubahan

Saat terbesit keinginan untuk membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik, maka kita harus ingat bahwa kita yang harus mengawalinya:
“...Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka... ” (QS. Ar Ra’d:11)

Mengingatkan saya pada sebuah puisi...
Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal
Aku bermimpi ingin mengubah dunia
Seiring bertambahnya usia dan kearifanku
Kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah
Maka cita-cita itupun kuper sempit
Lalu kuputuskan, hanya mengubah negeriku
Namun tampaknya hasrat itupun tiada hasilnya


Ketika usiaku telah semakin senja
Dengan semangatku yang masih tersisa,
Kuputuskan untuk mengubah keluargaku
Orang-orang paling dekat denganku
Tetapi celakanya mereka pun tidak mau di ubah
Dan kini
Sementara aku berbaring saat ajal menjalang
Tiba-tiba kusadari :
"andaikan yang pertama ku ubah adalah diriku,
maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,
Mungkin aku bisa mengubah keluargaku,
Lalu berkat inspirasi dan dorongan dari mereka
Bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negeriku,
Kemudian siapa tahu,
Aku bahkan bisa mengubah dunia."
(Puisi di  sebuah makam di Wesminster Abbey, Inggris, 1100 M)

Bergerak, berubah, mulai dari hal yang saya suka, yang saya bisa, terus-menerus untuk sebuah perubahan yang lebih besar, karena saya adalah.. seorang ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar