Kamis, 16 Maret 2017

My NiceHomeWork

Nurita Azizah Rachman
NiceHomeWork#8
Misi Hidup dan Produktivitas
Move on! Hapus Galau Mu
Tidak bisa dipungkiri, selama delapan minggu mengikuti matrikulasi Ibu Profesional,  pikiran, hati dan waktu saya cukup tersita utuk mencerna materi, mengolah rasa dan menuangkan buah pikiran melalui NHW yang luar biasa.
Galau itu pasti, tapi ini yang saya cari, hehehe..😁
Deg-degan rasanya saat materi mulai mengerucut ke arah menemukan misi spesifik hidup. Dan yess! Pingin teriak rasanya saat akhirnya bisa merumuskan misi hidup.
Merasa yakin dengan yang ditulis? tidak 100%. Tapi saya enggak boleh membiarkan galau yang terus berkuasa, move on! Enggak mau deh kalau nanti terjebak dalam mid life crisis. Jadi lebih baik ber-galau-ria dulu, bahagia kemudian, aamiin.


Misi Hidup dan Produktivitas Keluarga

Nah, kembali ketugas NHW#8..
Kali ini saya dipandu untuk dapat menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga.
  1. Pertama saya harus memilih 1 aktivitas dari kuadran 1 (suka-bisa), dan saya memilih: menulis. Ini adalah kegiatan yang konsisten saya lakukan sejak saya belajar merumuskan misi spesifik di NHW#4 yang lalu. Menulis bagi saya, berarti menggabungkan potensi kekuatan yang saya miliki, baik caretaker, creator, designer sekaligus educator.
  2. Selanjutnya adalah menjawab pertanyaan ‘be.. do.. have..'
    1. Ingin menjadi apa (be)?. Saya ingin menjadi penulis yang produktif dan profesional.
    2. Ingin melakukan apa (do)? Saya ingin membuat cerita anak yang ‘bergizi’.
    3. Ingin memiliki apa (have)? Saya ingin memiliki buku cerita anak karya saya sendiri yang dipublikasikan baik di media cetak maupun elektronik, komersil maupun yang dapat diunduh oleh semua orang tua yang memerlukannya.
  3. Dengan mempertimbangkan dimensi waktu dalam produktivitas, saya harus menentukan:

  1. Yang ingin dicapai dalam kurun waktu kehidupan (Life time purpose). Saya ingin memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, dengan menjadi ibu profesional -versi saya- yang memiliki kematangan emosi, mampu megelola keluarga dengan baik, taat pada suami, mampu mendidik anak-anak menjadi generasi yang shaleh dan cerdas, serta dapat menyalurkan minat dan bakat yang saya miliki.
  2. Yang ingin dicapai dalam kurun waktu5-10 tahun kedepan (Strategic planning). Strategic planning saya telah dirumuskan dalam milestone.
KM 0- KM 2 (tahun 0-2): Mengusai ilmu bunda sayang
KM 2- KM 3 (tahun 3) : Menguasai ilmu bunda cekatan
KM 3- KM 4 (tahun 4) : Menguasai ilmu bunda produktif
KM 4- KM 5 (tahun 5) : Menguasai ilmu parenting islami
KM 5- KM 6 (tahun 6) : Menguasai ilmu bunda shaleha dan ilmu komunikasi efektif
Dengan demikian, minimal dalam 10 tahun kedepan saya telah menguasai ilmu yang juga akan saya jadikan sebagai sumber inspirasi karya tulis saya nanti.
3.  Yang ingin dicapai dalam kurun waktu1 tahun (New Year Resolution). Setahun ini, saya akan berfokus belajar dan praktik langsung ilmu bunda sayang, belajar pendidikan berbasis fitrah dan ilmu menulis. Dengan ilmu tersebut saya akan mencoba konsisten membuat karya tulis berupa cerita untuk anak setiap minggu. Targetnya, minimal tahun ini ada karya yang dipublish baik melalui media cetak maupun blog khusus cerita anak.



Refleksi diri: Sebuah Komitmen Diri, yaitu: Berubah!

Saya yakin dengan yang saya ditulis? Sekali lagi, belum 100%!, tapi saya tidak mau berdiam diri menunggu 100%, saya harus bergerak dan berubah.
Apakah apa yang saya tulis masih bisa berubah? Ya, biisaa, apalagi jika nanti dalam perjalannya saya merasa tak bersemangat, cepat lelah, enggan belajar dan imunitas menurun (semoga tidak...🙏...).
Bismillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar