Selasa, 28 Februari 2017

My NiceHomeWork

NHW#1 Adab Menuntut Ilmu
Membaca NHW#1 pagi ini, sebenarnya saya tidak terlalu terkejut, karena beberapa hari lalu saya sempat mencari tahu mengenai NHW#1 pada batch sebelumnya (ini membuat sadar bahwa saya memiliki minat ingin tahu yang cukup tinggi). Soalnya tak banyak berubah, namun saya sama sekali tak dapat melakukan copy-paste dari jawaban yang pernah saya baca, karena ini tentang hidup saya. Apa yang saya lihat mungkin memberi inspirasi, namun itu bukan jawaban pilihan saya. Saat itu saya mengira bahwa sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan saya tulis nantinya.
Namun hari ini, ketika NHW#1 dimunculkan, saya balik bertanya pada diri, mencoba menguraikan gambaran yang ada dalam benak saya, benarkah ini sesungguhnya yang saya cari? apa benar ini yang akan menjadi jawaban saya? Entah mengapa tangan saya bergerak menekan sountrack film iqro yang saya lihat dan simpan pagi tadi, tangan saya mulai menari diatas kertas, air mata saya menetes, saya menulis sembari menangis, entah perasaan apa ini.
Bismillahirrahmanirrahim, saya mencoba menjawabnya, jawaban yang berasal dari hati. Berikut jawaban saya untuk NHW#1 Adab Menuntut Ilmu
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
📝Jurusan pertama yang akan saya tekuni di universitas kehidupan adalah jurusan ilmu agama Islam.
2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
📝Saya meyakini bahwa ilmu itu saling terintegrasi, namun tanpa pemahaman ilmu agama yang kuat, bisa jadi ilmu tersebut hanya menjadi gerbang kesuksesan hidup didunia. Tidak!, bukan itu sesungguhnya yang saya cari dan saya inginkan, saya ingin lebih dari itu, saya ingin meraih kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Saya yakini Al Qur’an sebagai tali penghubung, petunjuk, cahaya, pemimpin, dan tanda cinta dari Allah pada hambanya (Ah maaf, lirik soundtrack film iqra-nya jadi ikut terbawa). Saya akan berpegang padanya dengan lebih erat, semoga dengan mengambil jurusan ilmu agama Islam, hati dan pikiran saya menjadi lebih terbuka untuk menerima ilmu lainnya sekaligus meraih ridha-Nya.
3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
📝Beberapa strategi yang akan saya gunakan untuk meningkatkan ilmu agama saya diantaranya adalah: a. Membaca minimal 5 halaman Qur’an dan terjemahannya setiap hari. b. Menuntaskan membaca minimal 1buku agama dalam 1bulan, memahaminya dengan lebih intensif serta membuat resumenya. c. Mengikuti majelis ilmu agama, minimal sekali dalam seminggu, membuat resumenya, menggali lebih dalam informasi diperoleh dan berusaha mengaplikasikan ilmu yang saya peroleh secara bertahap.
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
📝Perubahan sikap yang akan saya lakukan dalam proses mencari ilmu adalah sebagai berikut:
Pada Diri Sendiri 1. Saya akan berusaha membersihkan jiwa, agar ilmu yang ingin diserap dapat masuk ke hati 2. Saya akan berusaha semaksimal mungkin menjadi gelas kosong yang haus ilmu pengetahuan, untuk menghindari rasa ‘saya sudah tahu’. 3. Saya akan berusaha lebih sabar dan ulet melalui setiap tahapan ketika menuntut ilmu. 4. Saya yakin bahwa tugas yang diberikan ini untuk kebaikan diri saya sendiri, karenanya saya akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas hingga tuntas.
Terhadap Guru 1. Saya akan berusaha mencari ridha guru serta mendekatkan diri kepada Allah. 2. Sebagai bentuk penghormatan, saya akan meminta keridhaan guru, sebelum menyebarkan ilmu.
Terhadap Sumber Ilmu 1. Memberi perhatian lebih pada sumber ilmu dengan tidak meletakkannya secara sembarangan. 2. Tidak membeli bahan ajar dari produsen barang bajakan, mencari solusi lain seperti meminjam buku dari perpustakaan. 3. Lebih berhati-hati dalam menyebarkan sumber ilmu yang tidak mencantumkan sumber ilmunya.
Semoga jawaban yang saya tulis, tidak sekadar hitam diatas putih, namun juga dapat saya aplikasikan dalam kehidupan saya, aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar