Selasa, 28 Februari 2017

Catatan Perkenalan Dengan Institut Ibu Profesional

Selepas keluar dari dunia kerja, saya memutuskan tuk fokus dengan duo B. Meski terkadang muncul pikiran untuk dapat kembali melangkah ke hiruk-pikuk dunia kerja, namun hingga saat ini saya belum menemukan alasan yang tepat untuk mengeksekusinya.
Kadang jenuh yang terlintas, dan saya menemukan bahwa ada beberapa kegiatan yang membuat saya merasa kembali ‘hidup’, satu diantaranya ketika mengikuti kegiatan sekolah ibu di lingkungan rumah, ah..nampaknya saya yang introvert pun haus dengan energi positif dari kumpulan para pembelajar. Sayangnya, kegiatan tersebut tak mengikat saya, adakalanya malas  membuat saya enggan bergerak dari rutinitas harian sebagai ibu rumah tangga.
Lalu saya mulai mengenal Institut Ibu Profesional, menurut saya ini adalah  sebuah komunitas yang akan membantu saya belajar banyak, khususnya untuk menjadi seorang ibu yang profesional. Memutuskan untuk mengikuti kelas matrikulasi, artinya saya berkomitmen untuk menjalaninya hingga tuntas, seberat apapun, sesibuk apapun, tetap meluangkan waktu untuk memenuhi setiap targetnya. Ya, memang ada kalanya saya harus memaksa diri ini untuk disiplin mencari ilmu.
Bismillah, ini cerita saya menuju kelas matrikulasi Ibu Profesional.
 9 Januari 2017, saya membaca postingan tentang jadwal matrikulasi IP Batch#3. Langsung meminta izin suami untuk ikut sekaligus mengajukan proposal pendanaan. Alhamdulillah, suami memberi dukungan penuh. Selanjutnya mengikuti prosedur yang tertera disana, mendaftar via email membayar administrasi dan menunggu. 10 Januari 2017, mendapat email bahwa saya telah terdaftar sebagai peserta MIP Batch#3 yang akan mulai dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2017
19 Januari 2017, akhirnya group WA tempat saya menimba ilmu mulai dibuka, saya masuk dalam grup MIP Batch#3 Bandung1 yang beranggotakan lebih dari 90 orang (99 peserta dan 3 fasilitator) Hari pertama dimulai dengan perkenalan, meski tak bisa mengikutinya dari awal. Untuk matrikulasi selama 9 pertemuan kedepannya grup kami difasilitasi oleh teh Wiwik, teh Ismi (WA) dan teh rini (FB). Mulai bertanya-tanya apa itu MIP, seperti apa bentuk dan tujuannya, saya terbantu oleh beberapa postingan di grup IIP. Pertanyaan saya terjawab dan itu membuat saya terus berusaha mencari tahu.
20 Januari 2017, ketiga fasilitator telah memperkenalkan diri, sekaligus memberikan beberapa peraturan dan penjelasan mengenai tata tertib program, yang meliputi:
📚TATA TERTIB PROGRAM MATRIKULASI IBU PROFESIONAL📚 ⛔ Selama program matrikulasi berjalan, TIDAK diperkenankan di grup ini membicarakan hal-hal sbb : 1⃣Politik dan kritik pemerintah 2⃣Mempertajam perbedaan Suku, Agama, Ras dan Anggota Tubuh ( SARAT) 3⃣Fitnah dan ghibah (membicarakan kejelekan orang yang tidak ada di grup ini, dimana masalahnya kita belum tentu tahu kebenarannya) 4⃣ Khilafiyah ( perbedaan paham yang tidak ada ujungnya) 5⃣Mempromosikan produk jualan di grup 6⃣Memposting info materi/ berita non matrikulasi, tanpa mencantumkan  sumber berita yang valid. 7⃣Memposting info seminar/parenting yg diselenggarakan oleh parpol dan underbow nya, atau info seminar yg kita bukan penyelenggaranya dan tidak tahu kebenaran event tsb. Selain ke tujuh hal tersebut di atas, berarti BOLEH⁠⁠⁠⁠.
Fasilitator juga menyampaikan tugas fasilitator, ketua kelas, koordinator mingguan, dan peserta matrikulasi.
Tugas Fasilitator 1⃣ Menyampaikan Materi setiap Senin pk 16.00 WIB 2⃣ Berdiskusi seputar materi bersama Peserta pada Senin malam (pk 20.00 – 21.00 WIB). Bahan diskusi dikumpulkan oleh Koordinator Mingguan. 3⃣ Menyampaikan Nice HomeWork (NHW) setiap Selasa pk 8.00 WIB. Deadline NHW adalah setiap Minggu, pk 16.00 WIB dan harus disetorkan di grup FB. 4⃣ Review NHW sebelumnya dan pertanyaan menyangkut NHW berikutnya pada Selasa pagi (pk 10.00 – 11.00 WIB) (waktu boleh ditentukan masing-masing kelas). Bahan diskusi dikumpulkan oleh Koordinator Mingguan.
Tugas Ketua Kelas 1⃣ Menjadi penghubung antara Fasilitator dengan Peserta. 2⃣ Melakukan pemilihan Koordinator Mingguan setiap Minggu sore untuk masa tugas 1 minggu ke depan. 3⃣ Memastikan Koordinator Mingguan menjalankan tugas-tugasnya.
Tugas Koordinator Mingguan 1⃣ Merekap materi, pertanyaan dari Peserta untuk diserahkan ke Fasilitator sebagai bahan diskusi. 2⃣ Meresume hasil diskusi Senin dan Selasa sore untuk di arsipkan di grup FB. 3⃣ Membuat tread NHW mingguan di grup FB, sehingga Peserta bisa mengumpulkan NHW dalam komen di bawah tread tersebut. 4⃣ Masa tugas Koordinator Mingguan adalah 1 minggu. Dari Senin hingga Minggu.
Tugas Peserta 1⃣ Mengikuti #9 Materi Kelas Matrikulasi yang disampaikan Fasilitator. 2⃣ Berdiskusi dengan Peserta lain untuk memahami materi dengan lebih baik. 3⃣ Mengerjakan NHW dan menyetorkannya di grup FB sebelum deadline yang disepakati. Syarat kelulusan Kelas Matrikulasi adalah mengumpulkan minimal 7 NHW. 4⃣ Bergabung dengan FB group Matrikulasi IIP.
Inti dari yang saya tangkap disini lebih pada pesan untuk menjadi peserta yang proaktif.
Penasaran dengan cerita lanjutannya? Next posting ya… xoxoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar