Rabu, 10 Januari 2018

My Journey: Bintang Keluarga day6

Proyek Rumah Adat 34 Provinsi

Hari ini kami mulai mendata dan menuliskan nama-nama rumah adat di Indonesia. Saya membantu membuat tabel sederhana untuk tempat menulis nomer, nama provinsi dan nama rumah adat.

Pada praktiknya kaka menyebutkan nama provinsi dan 'perkiraan' nama rumah adatnya, lalu saya melakukan pengecekan dengan berselancar di google. Dari 10 provinsi yang kami cari hari ini ada 7 rumah adat yang kaka sebut dengan tepat  sementara untuk tiga lainnya yaitu Jawa barat, Jawa timur dan NTB karena ada beberapa pilihan (lebih dari 1 rumah adat), kaka saya minta memilih satu saja.

Kaka terlihat tekun ketika mengerjakan proyek ini, ia berusaha mengingat, dan bersemangat menunggu hasil pencarian rumah adat. InsyaAllah ini akan kami lanjutkan hingga beberapa hari kedepan.
------------------------------

Proyek Puzzle 3x3

Proyek yang terlintas ketika mengamati dede yang gemar mengutak-atik mainan, adalah membuat puzzle.

Saya mengawalinya dengan obrolan santai, mengajaknya menggambar dan menjadikan karyanya puzzle. Ia menanggapi dengan bersemangat tanpa banyak alasan ia segera membantu mencari bahan-bahan yang kami perlukan.
Saya membantunya menggambar, dede mewarnai, dilanjutkan  dengan menempelkan gambar diatas karton dan mengguntingnya menjadi 9 kepingan puzzle.


Awalnya dede mengatakan 'susah tak ada alas puzzlenya' saat saya minta menyusun, akhirnya saya bantu memberi contoh. Setelah memerhatikan, akhirnya ia bisa menyusun sendiri, dan beberapa kali menunjukkan hasilnya sambil tersenyum senang

------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar