Sabtu, 16 September 2017

My Journey: Gaya Belajar 9

Bismillah,

Hari ini, bunda akan mengajak anak-anak berkreasi membuat playdough. Bunda meletakkan bahan-bahan dalam cup kecil dengan ditulisi nama bahan, selain itu bunda menuliskan di sehelai kertas, cara membuat playdough.


Menurut literatur yang bunda baca, dengan memberikan tugas untuk menyatukan sesuatu, maka akan terlihat tipe gaya belajar anak. Apakah akan membaca petunjuk (visual), akan terus bertanya dan menyimak penjelasan bunda (auditory), atau yang langsung saja membuat mencoba-coba sendiri (kinestetik).

Bunda penasaran, benar atau tidak ya teori tersebut? Tapi kalau perkiraan bunda, kaka akan membaca petunjuk, dede akan mendengar dan banyak bertanya, dan.. lanjut cerita bunda setelah berkreasi yaa 😘.
..........

Pulang sekolah, setelah istirahat sebentar aja, bunda langsung ajak anak-anak membuat playdough. Dede langsung semangat, sementara kaka kelihatannya kurang tertarik, mungkin masih cape ya. 

Oke deh, karena dede udah ga sabar, bunda memulainya berdua aja, sementara kaka terlihat diujung mata sedang mengamati aktivitas bunda dan dede.

Bunda membacakan petunjuk membuat, sementara dede menyimak. Setelah selesai, bunda meminta dede mengulangi sembari memasukkan bahan sesuai petunjuk yang tadi telah dibaca. Dede mengulangi dengan tepat saat memasukkan susunan bahan, dengan sesekali bertanya memastikan. Padahal bunda saja masih perlu membacanya lagi, hihihiy.

Ada sedikit kendala ketika menguleni adonan playdough, rupanya dede kurang nyaman dengan teksturnya yang masih agak lengket, jadilah bunda turun tangan membantu.

Tak butuh waktu lama untuk membuat kaka ikut bergabung, rupanya ia tertarik setelah sedari tadi memerhatikan keasyikan bunda dan dede. Kaka lalu membaca petunjuk dan mulai membuat playdoughnya, sama seperti dede ia agak kesulitan dengan adonannya yang rupanya kebanyakan air.

Dan akhirnya, setelah adonan kalis masuk ke tahap pewarnaan, dede memilih warna biru, sementara kaka warna hijau, bunda kuning saja deh.
Beres dengan adonan, dilanjutkan berkreasi membentuk playdough.



..........

Tabel hasil pengamatan gaya belajar hari ke-9:




#Tantangan10Hari
#Level4
#Day9
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar