Jumat, 08 September 2017

My Journey: Gaya Belajar 2

Bismillah...
Pagi ini, karena seragam batik sekolah belum dibagikan, bunda menyiapkan pakaian untuk kaka dan dede, celana panjang dan t-shirt. Dede memakainya tanpa berkomentar, sementara kaka tidak.


T-shirt pilihan bunda
"Kaka gak suka ya, mau pakai baju apa?", saya mencoba menggali.

"Iya, aku mau yang lain", jawabnya.

"Tapi baju ini lipat dan simpan dulu ya, baru kaka ambil baju ganti yang rapi", pinta saya sebelum ia beranjak.

Tak lama ia kembali, dengan membawa kemeja lengan panjang pilihannya, oke lah, cukup rapi untuk dipakai ke sekolah. Ternyata ini menginspirasi dede untuk mengikuti kaka.
"Bun, boleh aku pakai baju yang warna-warni?", pintanya tanpa menunggu jawaban bunda, dan ia kembali dengan membawa kemeja berwarna miliknya.


Kalau diingat, terkadang kaka dan dede memang suka mengganti pakaian yang telah bunda siapkan dengan yang sesuai keinginan mereka. Bunda tak yakin dengan alasannya, apakah karena suka, terasa lebih nyaman, atau mungkin karena mereka peduli dengan penampilannya. Jika yang terakhir alasannya, maka ini menunjukkan ciri gaya belajar mereka yang visual.
..........

Hari ini bunda juga melihat kaka sangat puas tertawa mendengar kata-kata yang menurutnya lucu, padahal bunda tidak berpikir begitu.

Hanya dua kata 'makan tanah', dan ia tergelak dengan mata berbinar.

Biasanya bunda akan marah dan minta kaka stop, karena merasa itu tidak lucu. Namun kali ini bunda cuma bisa diam dan menangkap.. aha.. rupanya kaka suka dengan permainan kata. Setahu bunda, ini salah satu ciri pembelajar auditory.

Bunda memakai momen ini untuk masuk tanpa marah,

"Ka, ada loh orang yang mengambil tanah bersih, semacam tanah liat, dijemur lalu dimakan", kaka terdiam sejenak mencoba mencerna sepertinya.

"Kalau tanahnya kotor?", ia kembali tergelak.

Dan bunda hanya bisa menggelengkan kepala, cepat sekali kaka menemukan kata-kata yang lucu menurutnya.
..........

Selain itu teramati juga oleh bunda, dede seringkali menggerakkan anggota tubuhnya ketika berbicara. Sementara ini bunda catat sebagai ciri gaya belajar kinestetik.


Mencoba mendeskripsikan bentuk jam

..........
Hasil observasi sementara bunda terangkum dalam tabel berikut:





Tugas kali ini berkali-kali membuat bunda berfikir ulang sebelum bertindak, jika biasanya bunda mudah terpancing dengan perilaku kaka, namun kali ini bunda berusaha memaknai setiap hal yang dilakukan anak-anak. 

Alhamdulillah...

#Tantangan10Hari
#Level4
#Day2
#GayaBelajarAnak

#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar