Selasa, 15 Agustus 2017

My Journey: Family Project day5


Kemarin akhirnya anak-anak belajar membelanjakan uang sakunya setelah sebagian ditabung dan diaimpan untuk sodaqoh.

Bagi saya, project ini sangat membantu, khususnya ketika anak-anak meminta jajan sepulang sekolah, saya mengingatkan bahwa mereka sudah memiliki uang saku dan jika ingin membeli, maka mereka harus menabung terlebih dahulu.

Kemarin Barra meminta bantuan saya ketika ingin membelanjakan uangnya, ia belajar tentang harga makanan yang ia pilih, dan berapa jumlah makanan yang ia dapat beli dengan uang sebesar seribu rupiah.

Sementara Bumi, membelanjakan sendiri uangnya tanpa meminta diantar, meskipun akhirnya saya mengikutinya dari belakang dan ternyata ia mendapat bantuan dari temannya.

Manager Cilik day2

Pagi ini kami kumpul berempat, ayah yang bertugas menjadi direktur keuangan memberikan uang saku pecahan uang sebesar dua ribu rupiah pada Bumi dan Barra. Sementara saya bagian pencatatan keuangan, begitu anak-anak mendapatkan uang saku, saya segera menanyakan apakah ada yang akan disisihkan atau tidak.


Manajer Bumi
Bumi menyisihkan uangnya seperti hari sebelumnya, meskipun awalnya ia ingin membelanjakan uang sakunya untuk membeli dua jenis makanan yang ternyata harganya melebihi uang jajan. Akhirnya Bumi memilih untuk membelanjakannya membeli makanan seperti kemarin saja.


Manajer Barra
Barra menyisihkan uangnya dengan komposisi sama seperti hari sebelumnya. Sepertinya ia mulai dapat mengikuti kegiatan ini.


Bunda Bank
Hari ini baik uang tabungan maupun shodaqoh terus bertambah. Bumi maupun Barra sepertinya sudah merasa cukup dengan membelanjakan uang seribu rupiahnya. Mereka tak meminta tambahan atau jajanan lainnya, kalaupun habis atau ingin jajan, bunda mengingatkan bahwa mereka tadi sudah membelanjakan uang sakunya.
Sedikit demi sedikit, bunda khususnya mulai menikmati manfaat family project kedua ini.

#Day5
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP
#Bunda Sayang
#Ibu Profesional
#IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar