Kamis, 10 Agustus 2017

My Journey: Family Project day1

Setelah seminggu rehat dari blog, kali ini saya mulai kembali dengan cerita perjalanan kami mencoba membuat family project. Ya, tantangan ke-3 kuliah kelas Bunsay 3 IIP ini adalah membuat proyek keluarga.

Nah, apa sih family project itu? Family Project merupakan aktivitas yang secara sadar dibicarakan bersama, dikerjakan bersama oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Hari pertama tantangan, kami mengadakan family forum untuk menentukan ide dan rencana pelaksanaan proyek pertama keluarga kami.

Family Forum

Siang ini sembari makan siang, saya manfaatkan sebagai ajang family forum, bersama Bumi dan Barra. Sebagai catatan, sebelumnya saya dan suami sudah terlebih dahulu mencari beberapa ide untuk disampaikan pada anak-anak. Kali ini kami memilih jumat berbagi sebagai proyek keluarga pertama.

Awalnya saya ajak mereka bersyukur, karena masih bisa menikmati  rejeki berupa makanan siang ini. Saya lemparkan wacana tentang orang-orang yang mungkin kurang beruntung, sehingga untuk sarapan mereka harus bekerja terlebih dahulu.
Kaka Bumi mengiyakan, dan menyampaikan empatinya, sementara Barra hanya menyimak.

"Kaka tahu mang Ihin, petugas kebersihan? Dulu bunda pernah lihat mang Ihin berhenti dekat gerobaknya lalu makan, mungkin belum sarapan ya kak. Gimana kalau besok kita berbagi sarapan pagi untuk mang Ihin dan teman-temannya?".

Kaka mengiyakan, sambil menyebut juga beberapa nama orang yang ia kenal dan nampak layak dibantu.

"Atau kita bisa menghias biskuit, untuk dibagi ke teman-teman kaka di sekolah atau di rumah, itu juga berbagi", saya mengajukan ide lainnya.

"Kasih mang Ihin saja", kaka memutuskan.

Kami melanjutkan diskusi dengan menentukan jenis makanan serta siapa yang akan membeli dan membantu menyerahkannya nanti, kebetulan saat itu suami ikut bergabung sehingga anggota diskusi lebih lengkap.

Akhirnya kami sepakat bahwa Barra akan membantu membeli nasi bungkus besok pagi ditemani Bunda, dengan Bunda sebagai penanggung jawab keuangan. Ayah bertanggung jawab di bagian transportasi dan dokumentasi, dan rencananya Bumi yang akan menyerahkannya.

Tanpa dokumentasi, siang ini kami berhasil mencapai kesepakatan proyek pertama kami.

Bismillah, semoga Allah memudahkan urusan kami.


#Day1
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP
#Bunda Sayang
#Ibu Profesional
#IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar