Sabtu, 02 Desember 2017

My Journey: Math Around Us day10

Menikmati liburan, taman lalu-lintas menjadi salah satu tujuan kami. Semenjak renovasi baru kali ini kami dapat kembali berkunjung dengan formasi lengkap, cuacapum cukup cerah seakan mendukung kami berkegiatan di sini.

Memancing Ikan
Setelah berkeliling beberapa saat permainan memancing menjadi salah satu kegiatan yang diminati anak-anak. Kesabaran dan fokus diperlukan disini, tak butuh waktu lama untuk dede menikmati permainan ini. Sementara kaka pada awalnya cukup kesulitan mengatur posisi pancingny, dan saya jadi keasyikan membantuny memancing. Saat ia mencoba sendiri, saya tak bisa menahan untuk berkomentar bagaimana seharusnya ia memegang pancing.

"Iiiih, bunda mah berisik", kaka memprotes, dan saya langsung menutup mulut memperhatikan apa yang ia lakukan.
 
Ia tak mengikuti saran saya untuk memperbaiki posisi pancing, melainkan mencondongkan tubuhnya agar lebih mendekat ke arah ikan. Dengan cara ini ia berhasil memperoleh ikan yang diinginkan.
Diawali dengan kesulitannya memancing ikan, ia telah membuat kesimpulannya sendiri tentang bagaimana cara menangkap ikan yang efektif (versi kaka).

Buah Tangan
Sebelum pulang sambil menunggu bakso disajikan, anak-anak bolak-balik membujuk kami untuk membeli mainan. Kaka menunjukkan set balon tiup pada kami.

"Berapa harganya ka?", saya bertanya.

"Bunda ayo anterin tanya", ia merajuk.

"Kan kaka ingin beli, jadi kaka harus berani bertanya berapa harganya".

Berdua dengan dede mereka kembali ke tempat penjual mainan. Saya dengar kaka bertanya.

"Tiga puluh ribu bun", kaka kembalu dan berseru.

"Wah mahal ka, yang lain saja ya", pinta saya.

Keduanya kembali ke tempat penjual mainan, tak lama mereka kembali.

"Ini sepuluh ribu bun", ia menyodorkan mainan berbentuk hp.

Berdua dengan suami kami mengamatinya, ternyata yang di pilih kali ini adalah jenis water games, yang dimainkan dengan menekan tombol untuk memberi tekanan di dalam air agar cincin di dalamnya bergerak dan masuk ke tongkat plastik kecil yang ada di tengah.


Menurut saya, ini jenis permainan yang melatih kesabaran, juga dapat digunakan untuk melatih kemampuan hitung (meski jumlah total cincin tak lebih dari 10). Akhirnya water games ini akhirnya menjadi buah tangan dari kunjungan kami hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar