Kamis, 18 Mei 2017

Family: Catatan diri

Nurita Azizah Rachman
Catatan dari Kelas Matrikulasi

PosterMaker-1491025710883.jpg

Sejujurnya minggu ini saya agak galau, bingung mau menulis apa, sibuk yang sepertinya nggak jelas meski saya berharap itu bukan shallow work. Saat itu saya membuka notes di smartphone, dan menemukan kembali catatan yang saya buat di bulan februari saat berada di  minggu awal kelas martrikulasi Institut Ibu Profesional.

...Nyemplung di matrikulasi iip buat saya yang bekerja di sektor domestik, awalnya agak keteteran juga sih. Saat itu, yang saya lakukan adalah benar-benar mantengin smartphone, apalagi saat kebagian jadi koordinator mingguan (korming) di minggu ke-3.
Alhamdulillah, seiring waktu bisa juga mengikuti iramanya.
Nah, prinsip kegiatan matrikulasi sendiri adalah tetap mengutamakan keluarga. Sementara kalau di list, setelah urusan domestik beres, saya hanya memiliki waktu tenang untuk mengerjakan Nice Homework (NHW) di malam hari. Sesibuk itu kaah?.. oke tunda dulu.

Matrikulasi sendiri ada beberapa waktu utamanya.
1. Pemberian materi biasanya diberikan pada hari Selasa pagi, diikuti sesi tanya jawab.
2. NHW di hari Rabu pagi, diikuti aliran rasa terkait NHW, kadang ada pembahasan ringan tentang tugas mingguan.
3. Deadline NHW, yaitu minggu 16.00.
4. Review materi, dilanjutkan sesi tanya-jawab di hari Senin pagi.

Intinya, saya mempunyai tanggung jawab untuk belajar materi dan mengerjakan tugas sebelum hari Minggu, dan waktunya adalah malam hari.

Jadi yang saya lakukan adalah:
1. Curi start, sebelum materi diberikan minimal saya sudah browsing materi yg akan diberikan, minimal tahu judul sebelum selasa pagi. Membaca seperlunya.
2. Saat materi diberikan di hari Selasa, saya membacanya sebanyak 2 kali dan segera membuat mind map materi.
3. Video, saya gunakan untuk melengkapi mind map.
4. Saya memaksa diri saya membaca mind map dan membuat pertanyaan terkait materi, minimal ada 1 pertanyaan untuk diajukan.
5. Setelah bertanya, saya lanjutkan dengan browsing soal NHW, hanya untuk tahu seperti apa bentuk tugasnya (bukan untuk langsung dikerjakan)
6. Menunggu waktu diskusi -dan biasanya saya ketiduran- hasilnya saya baru baca keesokan harinya.
7. Saat NHW diposting, yang pertama saya lakukan adalah membuat point tugas, mengalirkan rasa sembari mencatat kalau-kalau ada bocoran (baca:bahasan) tentang pengerjaan tugas.
8. Nah sembari menunggu malam, biasanya kadang saya mencuri waktu saat anak-anak tidur siang, untuk browsing data, membuat konsep sederhana di notes smartphone. Sedikit demi sedikit dan terus dilengkapi.
9. Tiba waktu pengerjaan tugas, saya lebih nyaman memakai PC, jadi saya copas tugas setengah jadi tadi ke word, dilanjutkan dengan melengkapi gambar dan data. Biasanya saat tenang, saya memerlukan minimal 4 jam untuk menuntaskan NHW.
NHW tuntas, bisa fokus lagi dengan keluarga sampai akhir pekan.

Nah kembali lagi, kok saya merasa begitu padat jadwal siang saya ya?..
Saya pernah membaca materi matrikulasi#4 batch 1 tentang ibu manajer keluarga handal (materi matrikulasi #6 pada MIIP batch#3), membaca sekilas NHW-nya, saat ibu meminta membuat list kegiatan harian menjadi aktivitas penting dan tak penting.
Yang membuat saya terpana adalah, ternyata ada 1 aktivitas tak penting, tak tertulis yang ternyata begitu banyak menyita waktu saya: ber-medsos-ria. Baik menulis status, cek notif, berselancar..yang saya lakukan di sela jadwal harian, yang sedikit banyak juga memengaruhi emosi saya.
Dan akhirnya saya melakukan diet medsos, membatasi akses internet yang saya matikan pada pukul:
05.00-08.00, 11.30-13.30, 17.30-19.30
Sejauh ini cukup efektif mengendalikan keinginan saya untuk ber-medsos-ria...

Catatan yang saya buat sekitar 2 bulan lalu, membuat saya kembali mengevaluasi diri, sejauh apa perubahan yang sudah saya lakukan, dan saya betul-betul menemukan ketidak konsistenan semenjak lepas dari kegiatan kelas matrikulasi.
Ternyata, sepertinya terlalu banyak hal yang ingin saya capai dan membuat saya kembali tak fokus. Kembali saya membuka catatan matrikulasi (ya, memang rasanya seperti kembali membuka peta) merombak NHW, kembali ke niat awal untuk memperbaiki diri.
Semoga tak terlambat tuk bersiap, sebelum kembali memasuki kelas bunda sayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar