Selasa, 28 Maret 2017

Resume 30menit Lebih Dekat

KELAS MATRIKULASI BATCH 3
INSTITUT IBU PROFESIONAL - Bandung 1
27 Maret 2017
Narasumber: Yessy Liana Putri
Pukul: 10.30-11.00


Profil Pemateri
Yessy Liana Putri, biasa dipanggil Yessy,  lahir di Meral, Tg. Balai Karimun, 7 Desember 1987.
Tahun 2005 hijrah ke Medan untuk menjalani pendidikan ๐ŸŽ“ S1 Psikologi di USU, sampai dengan sekarang.
๐Ÿก Jl. Karya Wisata Perum. Johor Indah Permai II Blok A No. 49 Kel. Gedung Johor Kec. Medan Johor Kota Medan Sumut 20144
๐Ÿ’‘ Menikah dengan Ahmad Handayani, dan telah diamanahi untuk membersamai seorang putra ๐Ÿ‘ช Ahmad Rahsya Atharya (3y10m).
Jurusan kehidupan yang dipilih adalah parenting dan pendidikan anak, terutama bidang komunikasi dan home education.
Hobi dan passion : membaca, menonton,  menulis dan mengorganisir event/program.
Aktifitas :
๐Ÿ’งIbu Rumah Tangga
๐Ÿ’งKoordinator IIP Sumut
๐Ÿ’งKoordinator Sejuta Cinta IIP
๐Ÿ’งFasilitator Matrikulasi IIP Batch #3
๐Ÿ’งKetua Umum Yayasan Keluarga Matahari, sebuah yayasan yang dibentuk bersama suami setelah mengetahui kemampuan diri melalui Talents Mapping pada Januari 2016. Yayasan ini bergerak dibidang parenting dan pendidikan anak dengan menyelenggarakan forum belajar untuk orang dewasa pendidik anak. #SumutParentingTalk
Facebook : yessylianaputri.yessy

Resume Sesi Tanya Jawab:
  1. Teh Lisna
Assalamualaikum mba yessi, selamat datang di bandung 1 ๐Ÿ˜Šsalam kenal yaa saya lisna. Mau tanya ya mba, apa saja yang menjadi landasan untuk mendirikan yayasan di bidang parenting ?tentunya selain krna mengetahui tallent mapping tersebut ?
Jawaban: Waalaikumsalam. Salam kenal juga ya mba Lisna ๐Ÿ™‚
Berdasarkan kebutuhan pribadi dan keluarga mba. Dan selaras tidaknya dengan misi keluarga.
Lalu bagaimana dengan pembagian waktu antara kegiatan yang lain, yayasan dan keluarga mba ?
Waah super sekali ya, rasanya ingin mengikuti jejak mba yessi yg bisa produktif di lingkungan sosialnya. Boleh tau mba ?bagaimana memulainya ?
Malah saya tidak terlalu banyak beraktifitas di lingkungan mba ☺ saya membatasi diri IIP dan 1 pengajian aja.
Saya hanya memfasilitasi saja dari rumah. Misal kelas kecil, saya hanya menghubungkan narasumber dan ART saya. Dll

  1. Teh Ziyana
Assalamualaikum mba yessy..
Salam kenal saya ziyana..
Melihat aktivitas mba, sy jd menciut.. banyak hal yg blm saya lakukan utk sekitar..
Bs sharingkah awal mendirikan yayasan keluarga matahari??
Jawaban: Waalaikumsalam mba Ziyana ๐Ÿ™‚
Lho?
Ada banyak kebaikan pada diri mba. Dan ada banyak hal yang sudah mba lakukan untuk keluarga mba. Keep spirit ya ๐Ÿ’ช๐Ÿป
Awalnya saya dan suami inhin mendirikan sekolah yang cocok dengan kami untuk anak kami.
Namun dalam perjalanan kami belajar, ternyata kami malah menemukan bahwa anak kami tidak perlu sekolah untuk belajar. Kami pun putar haluan memfasilitasi forum belajar untuk diri kami dan orang dewasa lainnya.
Waaahhh langsung banjir pertanyaan..
Skalian olahraga jari ya mba ๐Ÿ˜„
Utk yayasan mba dan keluarga sudah satu tahun ya?? Bagaimana sistem dan kgiatannya?? Apakah hanya sekedar lembaga sosial atau termasuk lembaga pendidikan formal juga??
Hihihi...
Kita sekarang hanya menyelenggarakan event parenting aja mba. Yang besarnya seminar. Yang sosialnya kelas kecil untuk ibu2 dilingkungan rumah ART saya.
Wah maa syaa allah..
Apakah yayasannya sudah resmi mba?? Yg mana klo resmi kan bisa membuka anak cabang hehe..
Dan untuk penggeraknya dr warga juga ya??
#sambilmemotivasidiri
Karna ingin bermanfaat juga untuk sekitar
Sudah berbadan hukum mba.
Ini yayasan keluarga. Saya menjalankannya berdua dengan suami saja.
Klo boleh tau mba yessy masuk ke IIP dr tahun brp??
Untuk sejuta cinta IIP apakah ada perdaerah, dan ada seminar offline nya dalam berkegiatan??
Dari 2014 akhir mba.
Ada sejuta cinta untuk daerah mba. Tapi kegiatannya kegiatan sosial. Bukan event.
Berarti mba yessy salah satu praktisi Homeschooler dong?? Hehe๐Ÿ˜„
Arya masih jelang 4 tahun mba, belum usia sekolah. Jadi kami belum merasa sebagai homeschooler ๐Ÿ™‚
Hanya fokus belajar menerapkan home education di rumah.
Sharing kegiatan hariannya dong mba.. hehe
Bunda super.. sibuk nih..
Secara umum ada 2 kandang waktu mba
Sebelum dan sesudah anak tidur:
Urusan domestik dan publik
Saat anak bangun :
Membersamai anak dan kegiatan2 yang terjadwal seperti saat ini ๐Ÿ™‚

  1. Teh Nafsa
Mba Yessy, salam kenal, saya Nafsa.
Mau tanya mba..
1. Apakah hasil telents mapping dan passion mba dengan suami hasilnya sama? Karena saya baca di biodatanya, mba dan suami sama2 mendirikan yayasan keluarga matahari. Saya pribadi kadang ingin ya mba, suami sepassion sama saya. Tapi kalau pun beda passion saling melengkapi, insyaAllah.
2. Apa alasan terkuat mba mendirikan yayasan keluarga matahari?
Jawaban: Salam kenal juga ya mba Nafsa ๐Ÿ™‚
1. Suami saya belum ikut TM ๐Ÿ™‚
Tapi cukup bagi kami untuk memiliki cita2 yang sama. Sehingga dalam perjalanan, kami hanya menjadi teman seperjalanan yang baik saja. Berbagi tugas. Mengerjakan yang kami masing2 sukai.
2. Jawabannya sama dengan jawaban pertanyaan sebelumnya ya mba
Mba yessy kalau boleh tahu bagaimana kegiatan harian mba yessy dengan anak?
Apakah dalam berkegiatan atau beraktifitas mengikuti metode pendidikan anak usia dini? Misalnya montessori?
Saya tidak tau apakah saya menggunakan motessori dll. Hanya menerapkan yang saya tau saja. Dari sumber apapun.
Saya dan suami hanya membersamai Arya mau ngapain hari itu.
Satu lagi mba yessy.. mau tau dong buku bacaan atau sumber ilmu dan informasi mba yessy mengenai home education apa saja?
FBE mba. Masih belajar juga saya nya ๐Ÿ™‚

  1. Teh Nenih
Wa'alaikum sallam th, saya nenih, yg saya tanyakan bagaimana cara mba yessi melibatkan anak agar menjadi satu team dengan kita
Jawaban: Banyak beraktifitas dengan anak supaya bondingnya dapat. Saya baru sampai pada tahap itu saja mba.

  1. Nurita
Assalamualaikum saya nurita salam kenal ya mba, mau bertanya sama mba yessi, apa tantangan terbesar yang mba temui selama perjalanan mendirikan yayasan keluarga matahari?
Jawaban: Waalaikumsalam wr.wb ๐Ÿ™‚
Sejujurnya tantangan terbesar bagi saya adalah melawan ngantuk dan malas. Hihihi.. karena saya menjalankan yayasan malam hari setelah anak tidur

Pesan mba Yessy
Ibu2 semua, di IIp kita akan mendapatkan banyaaak sekali. Maka bersegeralah bersungguh2 menjalankannya, supaya manisnya ilmu bisa kita rasakan dan dijauhkan dari kegelisahan orang berilmu yang tidak beramal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar