Menghafal nama surat
Biasanya saat baris masuk sekolah, anak-anak dikenalkan nama-nama surat dalam Quran, kegiatan ini dilakukan dengan mengulang kata-kata yang diucapkan oleh guru pemimpin berbaris.
Jelang tidur, saya mengulang kembali untuk membantu anak-anak menghafal, metodenya hampir mirip yaitu dengan menyebutkan nama surat dengan nada tertentu.
Karena sudah mulai bisa membaca, kaka biasanya segera mengambil Quran dan berusaha menghafalkan nama surat dengan membacanya sendiri.
Sementara dede karena belum bisa membaca, menjadi lebih mengandalkan kemampuan dengarnya. Ini ia gunakan juga untuk menghafal doa pendek yang diajarkan di kelas.
.........
.........
Bukan kali ini saja, kaka memang jago menggubah syair lagu, khas seorang pembelajar auditory.
..........
Kali ini ia membuat bentuk dari pasir kinetik, dengan tekun ia membuat barisan bentuk dan menjumputi pasir yang berjatuhan dengan sabar. Jenis kegiatan yang mungkin hanya bertahan sebentar saja di tangan kaka.
..........
Hasil pengamatan gaya belajar hari ke-6:
Setelah hari kesekian pengamatan, ternyata teramati juga gaya belajar visual pada kaka, dan auditory pada dede. Sebenarnya bunda memiliki kekhawatiran, kalau pengamatan yang bunda lakukan selama ini ternyata kurang detil.
Semoga semakin sering mengobservasi dan mencatatnya, bunda dapat memperoleh kesimpulan yang lebih baik.
#Level4
#Day6
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar